Ular Mono Tanah

ular

User Rating: / 1
PoorBest 
Ular Mono Tanah - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ular Mono Tanah

Ular Mono Tanah


Ular mono tanah atau lebih dikenal dengan sebutan ular VIPER BOA termasuk jenis ular nocturnal  atau yang aktif di malam hari, jadi jika memelihara ular ini pastikan ular mono tanah memperoleh cukup waktu berada di dalam kegelapan.

Ular mono tanah hasil penangkaran cenderung tenang dan juga jinak, namun untuk ular hasil tangkapan liar dan cenderung sulit untuk beradaptasi dengan jenis makanan yang baru.


Ular VIPER BOA atau yang memiliki nama latin CANDOIA ASPERA ini bisa tumbuh hingga ukuran 2-6 kaki, dan ukuran ular betina biasanya jauh lebih besar dari ular jantan. Ular ini mempunyai sisik yang kasar dan tebal, dan terkadang terlihat seperti kusam. Namun biasanya cenderung berubah cerah kembali sesudah Ular mono tanah berganti kulit.

Ular mono tanah ini juga cenderung berubah warnanya sesuai dengan musim, tingkat kelembaban, dan juga kesehatannya. Ular ini hidup di daerah papua atau irian jaya dan beberapa kepulauan di wilayah timur Indonesia. Ular viper boa hidup di daerah hutan hujan, dan juga wilayah dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Cara Merawat Ular Mono Tanah

Karena lingkungan hidup di daerah tropis, maka sebaiknya suhu udara di dalam kandang dapat  terjaga stabil pada 82°F dan dengan tingkat kelembaban 60-80%. Batang ataupun ranting pepohonan juga bisa diletakan di dalam kandang, sebab ular ini juga suka untuk naik ke atas dahan guna berjemur. Pastikan selalu terdapat wadah yang cukup luas untuk ular ini berendam di dalam air, karena ular ini sangat suka berendam.

Cara Memberi Makan Ular Mono Tanah

Cara memberi makan ular ular mono tanah dewasa bisa diberikan rat setiap 2 minggu sekali, untuk ular anakan atau remaja bisa diberikan tikus putih, hamster, ataupun rat ukuran kecil. Pencernaan pada ular ini sangatlah lambat, mereka bergerak sangat jarang serta lambat, oleh sebab itu pemberian makan yang berlebihan bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti gangguan pada liver dll.

Ular viper boa yang baru lahir bisa diberi makan pinkies, jika mereka menolak pinkies, anakan ini bisa diberikan katak untuk 5-6 kali makan, setelah itu jangan dulu diberi makan selama 3 minggu . Dan ketika benar-benar dalam keadaan lapar, mereka akan menerima pinkies.

BREEDING Ular Mono Tanah

Ular mono tanah termasuk sulit untuk dikawinkan, mungkin disebabkan ular ini mempunyai beberapa sub-spesies yang mempunyai gen yang berbeda, dan belum ke semua sub-spesies ini secara resmi diklasifikasikan.

Jaga suhu pada siang hari pada suhu 80°F, lalu turunkan suhu menjadi 70°F pada waktu malam hari, untuk 6-8 hari jika ingin ular ini berkembang biak. Turunkan temperatur pada bulan November hingga Desember, dan pada Januari masukan beberapa ular viper boa jantan ke dalam kandang yang berisi dua ular betina, Ular mono tanah dewasa bisa melahirkan hingga 10 anak.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel