Ular Bola Piton

ular

User Rating: / 2
PoorBest 
Ular Bola Piton - 3.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ular Bola Piton

Ular Piton Bola
Ular Piton Bola atau Ball python ( Python regius ) adalah ular yang baik bagi pemilik ular yang baru mulai. Ular Bola Piton dapat tumbuh dengan ukuran maksimal 3-5 meter , ular bola piton tidak besar karena banyak ular konstriksi (Constrictor Snake)lainnya yang pelihara sebagai hewan peliharaan dan cukup jinak serta mudah untuk ditangani. Dalam penakaran tempatnya dibesarkan, ular bola python biasanya tumbuh subur dan cepat besar jika diberikan perawatan Ular Piton Bola yang tepat. Ular ini sangat tepat sebagai reptil untuk pemula.

 

Ular Bola Piton

Tentang Ular Piton Bola

Ular Piton bola yang dinamakan demikian sebab saat mereka mendapat ancaman akan menggulung diri menjadi bola ketat, menyelipkan kepala mereka di dalam gulungan tubuh mereka. Ular piton bola muda tumbuh sekitar satu kaki per tahun selama tiga tahun. Piton bola bisa hidup untuk waktu yang lama dengan perawatan yang tepat, bahkan bisa sampai sekitar 50 tahun walaupun biasanya 20-30 tahun saja.

Captive Bred yang Terbaik
Ular Piton bola agak terkenal karena sering menolak untuk diberi makan, namun banyak yang percaya bahwa ada masalah yang jauh lebih besar pada spesimen liar piton bola yang tertangkap. Disamping itu, ball python liar yang tertangkap cenderung sangat stres saat penangkapan dan transportasi serta sering memendam beban parasit besar. Sementara ular piton penangkaran cenderung lebih mahal dan biasanya sulit untuk menemukan, tetapi mereka layak menerima tambahan biaya tersebut.

Tips Cara Memilih Ular Piton Bola

Carilah ular penangkaran muda. Anda mungkin harus menemukan peternak ular untuk ini. Pilih ular yang mempunyai tubuh bulat, mata dan ventilasi bersih, dan tidak menunjukkan tanda-tanda adanya masalah pernapasan ( dengkur, gelembung di sekitar hidung ). Carilah yang waspada dan penasaran, serta lembut di genggaman tangan / lengan Anda ketika ditangani. Mereka mungkin gugup namun harus tenang setelah penanganan untuk sedikit, ada baiknya juga untuk meminta demonstrasi pemberian makan untuk memastikan ular mudah mengambil makan.

Kesehatan Ular Piton bola Baru

Jika Anda sudah memiliki ular konstriksi di rumah, setiap ular piton bola baru (atau boa Constrictor) harus dikarantina sebab rentan terkena resiko penyakit tubuh inklusi. Para ahli bervariasi pada panjang karantina, tapi biasanya sekitar 3-6 bulan. Selain itu, pemeriksaan dokter hewan terutama untuk kalangan internal ( mengambil sampel tinja baru) dan parasit eksternal juga mungkin di perlukan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel