Perawatan Ular Python Bola

ular

User Rating: / 7
PoorBest 
Perawatan Ular Python Bola - 4.6 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Perawatan Ular Python Bola

Perawatan Ular Python Bola
Merawat ular python bola tentu diperlukan keseriusan tersendiri, hal ini di karena ular python bola bisa menjadi sangat besar. Oleh karena itu memikirkannya sebelum membeli mesti di lakukan, seperti juga mengerti bagaimana perawatan ular pyton bola ini. Agar saat ular piton bola sudah ada dirumah kita, kita tidak kaget lagi dan sudah mengetahui bagaimana cara merawat pyhiton ball.

 

Kadang Ular Python bola

Ular Python bola bukan ular yang sangat aktif, kandang kecil sebetulnya baik-baik saja ( tangki 10-20 galon untuk ular muda, tangki 30 galon untuk piton dewasa ). Namun, ular piton bola merupakan ahli melarikan diri,  hingga bagian atas harus dipasang pengaman.

Substrat :
Substrat kandang ular bisa di buat dari kulit kayu diparut, kertas koran atau  Astroturf. Astroturf mungkin yang paling mudah, kita hanya memotong beberapa potong
sesuai ukuran kandang, dan hanya mengganti potongan kotor saat diperlukan. Potongan kotor bisa direndam di dalam larutan satu galon air dengan 2 sendok makan pemutih, dibilas dengan baik, keringkan dan bisa digunakan kembali.


Furnishings
Kita mesti menyediakan cabang yang kokoh dan tempat persembunyian yang gelap untuk ular python bola kita. Ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi piton, jadi kandang harus cukup besar untuk menampung ular ) .


Suhu
Suhu ideal adalah 80-85 F ( 27 - 29 C ) pada siang hari, dengan tempat berjemur yang bersuhu sekitar 90 F ( 32 C ). Suhu malam hari bisa jatuh ke sekitar 75 F ( 23 -24 C ) sampai 80 F. Kita bisa menyediakan bantal pemanas dibawah tangki yang dirancang untuk reptil, bantal ini bekerja dengan baik untuk menyediakan panas kandang dengan elemen pemanas keramik yang digunakan untuk memberikan suhu berjemur ditambah dengan lampu pijar.

Jangan gunakan batu panas, dan semua elemen panas harus ditempatkan atau diatur untuk mencegah kontak dengan ular untuk menghindari luka bakar yang dapat terjadi. Gunakan beberapa termometer untuk memantau suhu dalam kandang (satu di bagian bawah kandang dan satu di tempat berjemur ) .


Pencahayaan
Ular piton Bola aktif di malam hari, sehingga tidak memiliki persyaratan pencahayaan khusus. Karena mereka aktif di malam hari, maka lampu pijar tidak boleh digunakan pada malam hari


Air dan Kelembaban
Menyediakan kolam cukup besar untuk ular berendam sangat penting. Beberapa pemilik ingin memberikan kolam tertutup seperti wadah penyimpanan plastik dengan lubang di tutup, untuk memberikan keamanan bagi ular hingga akan menyerap lebih lama jika diperlukan. Alternatif lain adalah dengan memberikan kelembaban mundur, yang sama menggunakan wadah tertutup dengan lubang akses dilapisi dengan sphagnum moss basah untuk memberikan kelembaban.

Makanan Ular Python Ball

Piton bola dapat diberikan tikus kecil atau tikus berukuran sedang ( sesuaikan dengan ukuran ular ) , dan hanya perlu diberi makan setiap minggu atau dua minggu sekali.

Ular muda harus diberi makan tikus setiap 5-7 hari, ular tua harus diberi makan mangsa semakin besar dan sedikit lebih lama ( yaitu 10-14 hari ). Gunakan pra-pembunuh mangsa karena tikus hidup dapat melukai ular, tergantung mangsa di depan ular dengan forsep biasanya membuat ular tertarik .

Memindahkan ular piton bola keluar dari kandang ke dalam kandang terpisah untuk makan merupakan ide yang baik dan akan membantu dalam proses penjinakan ular. Ular itu akan mengasosiasikan makan dengan kandang lainnya dan cenderung bingung pada tangan Anda untuk mangsa saat Anda menaruh tangan Anda ke dalam kandang. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk mencapai ke kandang untuk membuat penangana python bola.

Bahkan banyak penangkaran ular piton bola temapt dibesarkan kadang-kadang menolak untuk makan, berpuasa selama beberapa bulan. Selama berat badan dan kondisi dipertahankan, hal ini tidak bermasalah. Jika ular python bola Anda berhenti makan, segera periksa penangkaran, penanganan, kesehatan, dan lingkungan ular untuk memastikan stres bukanlah penyebabnya. Konsultasikan dengan dokter hewan berpengetahuan atau berpengalaman jika puasa yang berkepanjangan atau menyebabkan penurunan berat badan.

Jika perlu, beberapa trik untuk menarik ular python bola untuk makan termasuk mencelupkan mangsa dalam kaldu ayam, mencoba warna yang berbeda dari tikus, mengekspos otak mangsa sebelum makan itu, makan di malam hari yang meliputi kandang dengan handuk setelah menawarkan tikus. Anda bahkan mungkin ingin mencoba makan hamster atau gerbil atau kelinci kecil, meskipun hal ini dapat membuat ular Anda lebih mungkin untuk menolak tikus jika mengembangkan preferensi untuk hamster dan gerbil.

Semoga perawatan ular python bola ini bisa membantu anda dalam merawat ular piton bola atau memutuskanya membeli. Ingat selalu, bahwa semua hewan kesayangan harus mendapat perhatian dan perlakuan yang baik dari pemiliknya. Ketahui perawatan ular python bola ini dan apa yang mesti dilakukan sebelum membeli hewan peliharaan termasuk ular python ball ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel