Cara Merawat Corn snake

ular

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Merawat Corn snake - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Corn snake

Cara Merawat Corn snake

Ular jagung atau corn snake, (Pantherophis guttatus) atau disebut juga ular tikus merah adalah jenis ular tikus Amerika Utara yang banyak digunakan untuk menghilangkan tikus dan hewan pengerat lainnya. Coraknya yang menarik, dan tingkat perawatannya yang mudah menjadikan ular jagung sebagai hewan kesayangan.


Sebutan  "corn snake" berasal pada zaman dahulu ketika petani di selatan Amerika masih  menyimpan bulir jagung dalam lumbung kayu. Tikus sering kali memasuki lumbung itu guna  memakan jagung, dan ular jagung digunakan untuk memakan tikus.

Corn snake bisa ditemui di seluruh tenggara dan tengah Amerika. Sifatnya yang jinak dan juga malu seperti hendak mematuk. Corn snake panjang dewasa bisa mencapai 1.2–1.8 m,  Di alam liar, corn snake bisa hidup sekitar 6–8 tahun, namun dalam kandang ia mampu hidup hingga umur 23 tahun.

a docile young corn snake

opal phase corn snake

amelanistic stripe corn snake

Cara Merawat Corn snake

Kandang Corn Snake
Corn snakes tidak memerlukan ruangan yang luas untuk bisa hidup. Ular ini cenderung agoraphobic  atau takut berada dalam ruang terbuka. Sangat baik jika menyimpan bayi corn snake didalam kotak kecil yang kita diberi lubang udara. Ketika bayi ini mulai tumbuh, corn snake dapat  kita pindahkan pada terarium yang lebih besar.

Tingkatkan ukuran luas kandang corn snakes secara bertahap, corn snake dewasa sebaiknya dipelihara didalam kandang dengan volume minimal 75 liter. Patokan mudah panjang ideal kandang setidaknya 1,5 kali dari panjang tubuh ular. Tutup semua celah kandang corn snake sampai tidak ada celah untuk kabur sebab corn snake gampang lepas.

Yang paling mudah adalah dengan menggunakan akuarium bagi kandang corn snake, lengkapi kandang dengan penutup atas seperti kawat jaring. Sebab ular ini bisa merambat melewati kaca dan keluar bila akuarium atau kandang tidak diberi penutup. Akuarium kaca  dengan penutup khusus untuk memelihara reptil saat ini cukup banyak tersedia.

Substrat Corn snake
Substrat atau alas untuk kandang juga diperlukan. Saat ini banyak tersedia berbagai macam substrat di petshop yang bisa dipakai. Namun sebaiknya jangan memakai serutan kayu, sebab dapat menyebabkan gangguan pernafasan. Kita juga bisa memakai kertas koran bekas.

Temperatur Corn snake
Layaknya ular lain, corn snake juga tidak dapat memproduksi panas tubuh sendiri. Mereka sangat  bergantung kepada lingkungannya untuk menaikkan ataupun menurunkan suhu tubuh. Jadi pemanas kandang sangat diperlukan, sistem pemanasan yang buruk dapat menyebabkan masalah pencernaan serta kekebalan tubuh.

Corn snakes setidaknya memerlukan satu area dimana ular ini dapat menghangatkan tubuh. Suhu ideal di dalam kandang adalah sekitar 21°C - 29°C. Namun pastikan jangan sampai badan ular terkena langsung oleh sumber panas.

Jangan lupa sediakan tempat bersembunyi. Ini berfungsi guna memberikan rasa aman kepada corn snake. Hiding area mesti cukup besar agar ular dapat melingkar di dalamnya. Namun jangan berikan tempat sembunyi yang terlalu besar, hingga corn snake dapat merasa aman bersembunyi di dalamnya dan tidak mau keluar dari sana. Jangan lupa juga sediakan cabang kayu kecil agar  corn snake dapat merayap dan juga bertengger di kayu.

Makanan Corn snake
Makanan utama adalah tikus bayi atau mencit yang masih merah, mencit kecil. Makanan bisa diberikan seminggu sekali.

Semoga Cara Merawat Corn snake ini bisa membantu sahabat semua yang memutuskan memelihara Corn snake sebagai hewan peliharaan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel