Mencegah Ekor Tokek Putus

Tokek

User Rating: / 1
PoorBest 
Mencegah Ekor Tokek Putus - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mencegah Ekor Tokek Putus

cara mencegah ekor tokek putus
Tokek merupakan reptil berekor yang rentan mengalami terputusnya ekor tersebut, makanya kita mesti mencegah ekor tokek putus. Jangan merasa aneh bila tiba tiba ekor tokek kesayangan anda tiba tiba hilang atau putus. Ini bisa terjadi, lebih lagi bila ekor tokek kita sudah lebih besar dari ibu jari orang dewasa.  Ekor tokek sangat berpengaruh terhadap berat gecko itu sendiri, kita akan sangat sedih mengingat tidak ada pembeli yang mau membeli tokek kita karena ekornya sudah tidak utuh lagi.


Ekor tokek memang bisa tumbuh kembali, namun itu mesti menunggu waktu sekitar 2 bulan. Sedangkan untuk kembali ke ukuran semula memerlukan  waktu yang lebih lama lagi. Selain itu, ekor tokek yang tumbuh kembali memiliki tanda yang bisa di bedakan pada lingkar ekor tokek tersebut yang biasanya berwarna agak gelapdari warna aslinya. Hal ini sangat mempengaruhi harga tokek, walaupun belum di ketahui lebih jauh pengaruhnya terhadap khasiat tokek tersebut.

Mencegah ekor tokek putus harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, supaya tokek kita bisa memperoleh harga maksimal dengan fisik yang sempurna. Berikut ini ada beberapa cara mencegah ekor tokek putus dan kecacatan lain pada tokek yang menjadi hewan peliharaan kita.

 

  • Jangan memasukan beberapa tokek jantan ke dalam sebuah kandang bersamaan, biasanya tokek jantan lebih sensitif jika daerahnya di usik oleh jantan lain. Namun terkadang tokek betina juga memiliki rasa sensitif yang tinggi. Apalagi jika ukuran kedua tokek berbeda, maka tokek yang lebih besar akan lebih agresif dan bisa menyebabkan ekor dan anggota tubuh lain putus dan terluka.
  • Jangan masukan benda benda tajam di dalam kandang tokek, ini untuk mencegah bagian tubuh tokek terluka atau ekor terputus
  • Ratakan bagian dalam kandang. Ini dilakukan untuk merapikan bila terdapat paku-paku yang tembus ke bagian dalam kandang dan kayu atau triplek yang tajam di bagian dalam kandang.
  • Bersihkan kandang 2-3 hari sekali. Hal ini untuk mencegah infeksi pada mulut tokek yang akan terlihat seperti bekas luka. Selain infeksi, luka di mulut tokek juga bisa disebabkan karena tokek yang ingin kabur dengan cara menyodok-nyodokkan mulutnya pada kawat ram atau triplek.


Itulah beberapa cara mencegah ekor tokek putus yang bisa dilakukan untuk mencegah ekor tokek putus dan kecacatan lain pada tokek.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel