Ikan Yellow tang

Surgeonfish

User Rating: / 2
PoorBest 
Ikan Yellow tang - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ikan Yellow tang

yellow tang


Yellow tang termasuk kedalam keluarga surgeonfish. Ikan tang kuning dewasa dapat tumbuh mencapai panjang 20 cm (7.9 in), dan ketebalan sekitar 1-2 cm ( 0,39-0,79 in). Yellow tang jantan dewasa cenderung lebih besar dari betina. Ikan Yellow tang berwarna kuning cerah. Saat malam hari, warna kuning memudar sedikit dan patch kecoklatan menonjol berkembang di tengah dengan garis putih horisontal. Walau begitu, warna kuning cerah akan kembali pada siang hari.

Penampilan Ikan Yellow tang

Yellow tang mempunyai bentuk seperti panah karena dorsal dan sirip ventral yang seperti perpanjangan tubuh mereka, mulut moncong panjang mirip 'tang' digunakan untuk makan ganggang dan rumput laut yang mati disekitar karang. Ikan tang kuning ini juga mempunyai duri yang tajam yang berada di dekat ekornya. Yellow tang adalah ikan hias air laut populer untuk para aquarists laut dari semua tingkat keahlian, ikan ini cenderung aktif, kuat, dan agresif saat disatukan dengan spesies berbeda.

 

Makanan Ikan Yellow tang


Di habitat aslinya, ikan kuning tang makan di daerah 'benthic', alga dan bahan tanaman laut lainnya. Didalam penangkaran, Yellow tang umumnya memakan makanan akuarium berbahan dasar daging / ikan, tetapi efek kesehatan jangka panjang dari pakan ini masih dipertanyakan. Di alam liar, Yellow tang membersihkan kura-kura laut dengan menghapus pertumbuhan alga dari cangkangnya.

Zona bentik adalah kawasan ekologi pada tingkat terendah dari badan air seperti laut atau danau, termasuk permukaan sedimen dan beberapa lapisan sub-permukaan. Organisme yang hidup di zona ini disebut benthos, misalnya komunitas invertebrata bentik, termasuk krustasea dan polychaetes.  Organisme umumnya hidup dalam hubungan dekat dengan bagian bawah substrat serta banyak yang permanen melekat pada bagian bawah.

Lapisan superfisial tanah lapisan diberikan tubuh air, lapisan batas benthik, merupakan bagian integral dari zona bentik, karena sangat mempengaruhi aktivitas biologis yang berlangsung di sana. Contoh kontak lapisan tanah meliputi dasar pasir, singkapan berbatu, karang, dan lumpur teluk. Yellow tang fish sangat menyukai berburu di daerah ini.

Distribusi dan habitat Ikan Yellow tang


Ikan Yellow tang umumnya ditemukan di terumbu karang dangkal, dengan kedalaman antara 2-46 meter ( 6,6-150,9 kaki) di Pasifik dan Hindia, sebelah barat Hawaii dan timur Jepang. Hawaii merupakan tempat yang paling umum untuk panen ikan akuarium, dimana sampai 70 % dari tangs kuning untuk industri akuarium bersumber dari Hawaii.

Akuarium Ikan Yellow tang

ikan tang kuning, ikan yellow tang

Ikan tang kuning sangat populer dijadikan sebagai ikan akuarium air laut. Ukurannya di alam liar bisa tumbuh mencapai 8 inci ( 20 cm ), namun ikan Yellow Tang yang hidup didalam  akuarium hanya sekitar 2 inci sampai 4 inci. Harapan hidup di alam liar melebihi 30 tahun, namun umur Captive biasanya hanya beberapa bulan. Yellow tang membutuhkan akuarium minimal 75 galon, namun yang paling disukai adalah 100 galon lebih, ini disebabkan daya jelajah mereka cukup besar dan juga agresif.

Seperti semua jenis ikan Tangs dan surgeonfish, mereka juga cukup rentan terhadap Cryptocaryon irritans ( parasit menyerupai Freshwater "Ich" ) dan penyakit air asin pada umumnya. Ikan yellow tang termasuk semi-agresif, mereka biasanya berhasil bersama sebagai suami istri dengan ikan terdekat semi-agresif lainnya dengan ukuran yang sama. Ikan yellow Tang juga bisa berkembang secara berpasangan atau didalam kelompok besar didalam tangki aquarium besar ( lebih dari 150 galon ). Kemungkinan tankmates lainnya termasuk ikan seperti cardinalfish, clownfish besar, lionfish, belut. Mereka dapat disimpan dengan invertebrata dalam akuarium terumbu karang.

Gerakan air yang kuat dan tingkat oksigen yang sangat tinggi sangat dianjurkan jika memelihara Ikan Yellow tang. Jagalah suhu air di 75°F - 82°F / 24°C - 28 °C, nilai pH antara 8,0 dan 8,4, dan berat jenis pada 1,020-1,025.

Refferensi
Wikipedia
Ikan Yellow tang


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel