Spaying dan neutering anjing

Penyakit Pada Hewan

User Rating: / 2
PoorBest 
Spaying dan neutering anjing - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Spaying dan neutering anjing

Spaying dan neutering anjing

Kebiri pada anjing jantan dan steril pada anjing betina

Tahukah kita bahwa spaying dan neutering mempunyai manfaat kesehatan bagi binatang peliharaan kita?  Bila kita merupakan pemilik anjing betina, kita akan tertarik untuk mendengar bahwa spaying bisa mengurangi peluangnya terkena kanker payudara, kanker rahim dan kanker ovarium. Hal ini juga mengurangi kemungkinan infeksi rahim. Semua itu, kita juga akan menghindari risiko yang terkait dengan kehamilan yang tidak direncanakan.

Bila kita merupakan pemilik anjing laki-laki, kita harus tahu bahwa neutering akan mencegah tumor testis dan bisa mencegah masalah prostat. Hal ini juga mengurangi kemungkinan tumor perianal dan hernia.

Pemilihan waktu spaying dan neutering

Beberapa dokter hewan lebih memilih untuk spaying anjing betina sebelum siklus panas pertama mereka, namun banyak juga yang lain tidak. Untuk anjing jantan, waktunya kurang spesifik, jadi yang terbaik untuk mendapatkan rekomendasi dokter hewan kita.

Manfaat spaying dan neutering anjing untuk kita

Manfaat yang jelas dari kita dan keluarga kita memiliki anak anjing kita spayed atau dikebiri adalah bahwa kita tidak akan pernah harus berurusan dengan kehamilan yang tidak direncanakan. Tapi ada keuntungan lain juga. Anjing jantan yang dikebiri awal dalam hidup yang kurang agresif, kurang terganggu oleh anjing betina dalam masa berahi. Kecil kemungkinannya untuk menandai wilayah mereka dengan air kencing dan kurang cenderung untuk menggigit furnitur atau kaki kita.

Spaying pada anak anjing betina akan menghentikan anjing jantan menyimpang dari berdiam di kebun kita dan menurunkan keinginannya untuk menjelajah dan berkembang biak.

Manfaat bagi masyarakat

Tragisnya, jutaan anjing eutanasia di negara ini setiap tahun. Kebanyakan dari mereka adalah hasil pemuliaan disengaja oleh peternak bebas, tanpa anjing kita kebiri. Dengan sterilisasi anjing kita, kita akan tahu bahwa kita tidak akan menambah masalah ini.

Kekhawatiran yang mungkin kita miliki tentang spaying dan neutering

Meskipun semua bukti yang kuat yang mendukung spaying dan sterilisasi, kita mungkin memiliki beberapa masalah. Mari kita mengatasi beberapa yang umum.

Adakah operasi yang aman?

Spaying dan sterilisasi adalah operasi sederhana, dan orang-orang yang berprofesi dokter hewan sudah melakukan spaying dan sterilisas puluhan kali sebelum. Sangat wajar kita merasa gugup, tetapi kita juga bisa merasa yakin jika kita melakukan hal terbaik untuk anak anjing kita.

Prosedur ini sederhana ketika kita neutering seekor anjing jantan (menghapus testis). Sebuah memandulkan anjing betina (menghapus ovarium dan rahim), dianggap operasi besar, tetapi adalah prosedur rutin dengan risiko minimal.

Mungkinkah berat badan anjing saya meningkat?

Sama sekali tidak ada kebutuhan untuk anjing dikebiri untuk menambah berat badan. Hanya ingat untuk menyesuaikan seberapa banyak kita memberinya makan sesuai dengan tingkat kegiatannya. kita juga dapat mempertimbangkan beralih ke makanan berkalori rendah seperti Diet makanan anjing ketika ia mencapai satu tahun.

Mungkinkah kepribadian anjing saya berubah?

Mungkin, tapi hanya untuk menjadi lebih baik. Anak anjing jantan dikebiri mungkin kurang agresif dan lebih kecil kemungkinannya untuk mengembara.

Apa lagi yang harus saya ketahui?

Hewan peliharaan kita akan diminta untuk mendapat anestesi umum, untuk prosedur ini dokter hewan akan meminta kita untuk tidak memberikan apa pun kepada anjing kita baik itu makan atau minum selama dua belas jam sebelum operasi. Kita sudah bisa membawa pulang anjing kita pada hari yang sama, meskipun ia mungkin harus tinggal sedikit lebih lama jika dia sangat mengantuk.

 

Untuk membahas masalah ini lebih lanjut, atau jika kita mempunyai kekhawatiran tambahan, yang terbaik adalah untuk menjadwalkan janji dengan dokter hewan kita.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel