Penyakit Pada Iguana

Penyakit Pada Hewan

User Rating: / 4
PoorBest 
Penyakit Pada Iguana - 4.5 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Penyakit Pada Iguana

Penyakit Pada Iguana

Seperti halnya mahluk hidup lainnya, iguana juga tidak terlepas dari penyakit yang menyerangnya. Penyakit pada iguana biasanya di bagi beberapa kelompok penyakit, penyakit parasiter, nonparasiter dan disefiensi vitamin dan kalsium. Berikut merupakan penyakit pada iguana yang dapat mengganggu kesehatan iguana kita.

1. Penyakit Parasiter Pada Iguana

Penyakit Parasiter Pada Iguana banyak di sebabkan oleh karena lingkungan tempat hidupnya yang kurang baik atau tidak memenuhi persyaratan hidup. Ektoparasit yang menyerang pada kulit iguana biasanya tungau atau sejenis kutu berukuran kecil, tungau sangat senang menyerang hewan termasuk iguana. Sedangkan Endoparasit yang menyerang saluran pencernaan adalah Cacing. Pencegahan Penyakit Parasiter Pada Iguana dapat di lakukan engan menjaga kebersihan kandang, makanan dan peralatan yang bersentuhan dengan Iguana.

Gejala yang terlihat biasanya adalah Malnutrisi dan lemah. Ini merupakan gejala yang tidak spesipik hingga untuk mendiagnosanya diperlukan uji feses dan darah untuk kepastian. Untuk menanggulanginya bisa dimandikan dengan menggunakan sampoo khusus anti tungau atau kutu, sedangkan untuk mengatasi cacing dapat memberi obat cacing selama 3 hari berturut turut, dilanjutkan seminggu kemudian selama 2 hari berturut turut. Jika gejala sudah hilang bisa di berikan obat cacing setiap 6 bulan sekali untuk pencegahan.

 

2. Kelainan Pada Tulang Iguana

Kelainan pada tulang Iguana disebabkan oleh tiga aspek di antaranya kekurangan vitamin D, kandang tidak memperoleh sinar matahari yang cukup dan Monotonus makanan. Iguana yang mengalami disefisien vitamin D sangat beresiko terkena tulang keropos serta kelainan tulang lainnya. Pengobatan penyakit Kelainan pada tulang Iguana cukup sulit dan memakan waktu, dibutuhkan beberapa kali pemberian dan penyuntikan suplemen. Oleh sebab itu pemberian makan yang bervariasi sangat di anjurkan, perhatikan asupan kalsium dan Vitamin D. Perhatikan juga penempatan kandang yang tepat serta jemurlah iguana beberapa menit di pagi hari.

 

3. Mulut Membusuk

Iguana yang kelaparan umumnya akan memakan apa saja yang ditemui termasuk benda benda kasar, tajam keras atau beracun. Akibatnya mulut iguana sering terluka dan akan membusuk bila tidak di tangani dengan serius serta lingkungan tidak higenies. Pengobatan dilakukan seperti jika mengalami penyakit pelepuhan, bersihkan kandang dan biarkan kosong selama 2 minggu. Iguana di pindah kekandang baru yang bersih dan memiliki alas kandang yang lembut. Bersihkan luka dengan rivanol atau antiseptik, bila luka bernanahkeluarkan terlebih dahulu nanahnya lalu berikan penisilin serta taburan sulfanilamide. Bawalah Iguana ke dokter hewan guna mendapatkan suntikan antibiotik sistemik satu kali sehari selama seminggu. mintakan juga suntikan Vitamin A 2000 IU/Kg berat badan dan Vitamin E 20 Mg/Kg berat badan sebanyak 1-2 kali seminggu.

 

4. Luka Lecet Pada Hidung

Iguana sering membenturkan hidungnya ke dinding kandang terutama jika iguana sedang mengalami masa berahi yang biasanya akan hiperaktif. Hidung bisa mengalami luka lecet, tingkah iguana ini juga sering di picu karena seringnya iguana di ganggu anak anak. Peringatkan anak anak agar tidak terlalu sering mengganggu iguana, lapisi juga lapisan interior kandang atau terarium. Jika sudah terlanjur terluka segera bersihkan lukanya dengan rivanol atau antibiotik.

 

Perawatan yang telaten, memperhatikan kebersihan dan memperhatikan diet makanan yang diberikan pada Iguana adalah kunci dalam merawat hewan kesayangan termasuk iguana. Penyakit pada hewan bisa di cegah seminimal mungkin dengan menjaga kebersihan dan makanan yang tepat.

 

Daftar Pustaka
  1. Redaksi Agromedia. 2010. Tip jitu memelihara 9 hewan kesayangan populer. Jakarta : Agromedia Pustaka
  2. Tuti Sitanggang. Tip tampil cantik dan sehat 10 hewan peliharaan paling digemari. Yogyakarta : Cahaya Atma

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel