Hairballs Pada Kucing

Penyakit Pada Hewan

User Rating: / 4
PoorBest 
Hairballs Pada Kucing - 3.5 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Hairballs Pada Kucing

Hairballs Pada Kucing

Hairballs pada kucing sangatlah tidak menyenangkan, tidak menyenangkan bagi kucing kita yang sakit dan bagi kita pemilik hewan peliharaan yang harus membersihkan sisa Hairballs kucing kesayangan kita. Hairballs pada kucing adalah tertelannya rambut atau bulu kucing dalam usaha membersihkan diri sendiri oleh kucing kesayangan kita dengan cara menjilati bulu bulunya. Hairballs dapat menyebabkan penyumbatan pada usus serta menjadi sebuah masalah kesehatan serius bagi kucing kita. Bagi kita sebagai pemilik, ini sebuah keadaan tidak menyenangkan karena kita mesti banyak membersihkan sisa muntahan kucing peliharaan kita. Jadi apa yang mesti kita lakukan untuk menjaga hairballs seminimal mungkin?

 

Masalah Pada Kulit Kucing

Apa Penyebab hairballs pada Kucing?

Hairballs mungkin menjijikkan, tetapi ini adalah perlindungan alami yang di miliki oleh kucing kesayangan kita dalam usaha mengeluarkan rambut yang tertelan. Saat kucing kita membersihkan diri sendiri, kucing menjilati mantel atau rambutnya dan menangkap rambut lepas dan mati yang kemudian ditelan. Mayoritas rambut ini melewati semua jalan melalui saluran pencernaan tanpa masalah. Namun jika rambut ini tetap ada di perut, bisa membentuk suatu hairball. Pada akhirnya, kucing kita akan muntah untuk menyingkirkan hairball itu. Karena hairballs melewati kerongkongan sempit saat keluar, hairballs sering muncul tipis dan tubelike, bukan bulat.

Hairballs pada kucing lebih sering muncul pada keturunan atau breeds kucing berambut panjang seperti kucing Persia, kucing Anggora dan Kucing Coons Maine. Kucing yang sering membersihkan sendiri secara kompulsif juga lebih cenderung memiliki hairballs, sebab kucing ini cenderung menelan banyak bulu. Jika kita memperhatikan bahwa kucing kita tidak memiliki hairballs pada kucing, namun biasanya hairballs akan berkembang sesuai dengan pertumbuhannya. Hal ini normal sebab kucing semakin tua mereka menjadi lebih mahir membersihkan diri sendiri dan karena itu lebih mahir dalam menghilangkan bulu mantel mereka dengan lidah mereka, yang berarti lebih banyak muntahan hairballs bagi kita untuk dibersihkan.

 

Penyakit Pada Hewan - Gejala hairballs pada Kucing

Beberapa gejala umum hairball pada kucing adalah hacking, tersedak, dan muntah-muntah. Biasanya, kucing kesayangan kita akan muntah untuk mengeluarkan hairballs.

Jika kita melihat gejala hairball berikut ini, pastikan untuk segera menghubungi dokter hewan langganan kita, sebab mereka bisa menunjukkan bahwa hairball yang sudah menyebabkan penyumbatan berpotensi mengancam nyawa. Berikut gejala gejala nya:

  • Berlangsung muntah, tersedak, muntah-muntah, atau hacking tanpa menghasilkan suatu hairball
  • Kurangnya nafsu makan
  • Kelesuan
  • Sembelit
  • Diare

4 Langkah mencegah Hairballs pada Kucing (  4 hairball remedies )

Tidak ada yang bisa dilakukan untuk betul betul mencegah hairballs pada kucing, tetapi ada beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kemungkinan kucing kita akan terkena hairballs atau mengurangi frekuensi hairballs.

  1. Bersihkan kucing Anda secara teratur. Bulu kucing yang terlepas harus segera diambil dari kucing kita, bulu yang lepas akan berakhir sebagai pakan untuk hairballs di perutnya. Menyisir atau menyikat kucing kita setiap hari bisa menjadi cara yang efektif untuk mengurangi hairballs, dan juga bisa memberikan hal yang menyenangkan bagi hubungan kita dengan kucing kita. Jika kita tidak bisa menyisir kucing kita sendiri, kita bisa membawanya groomer profesional (Pets Care) untuk perawatan dan potong rambut (terutama untuk kucing berambut panjang) setiap enam bulan sekali.
  2. Berilah kucing kita sebuah "hairball formula" khusus makanan kucing. Banyak produsen makanan hewan saat ini membuat formula pengurangan hairballs dalam makanan kucing. Formula ini tinggi serat dan dirancang untuk meningkatkan kesehatan mantel kucing Anda, meminimalkan jumlah shedding, dan mendorong hairballs pada kucing untuk melewati sistem pencernaan.
  3. Gunakan produk hairball atau pencahar. Ada sejumlah produk hairballs yang beredar di pasar (pet shop/pets care) saat ini, yang sebagian besar adalah pencahar ringan yang membantu hairballs melewati saluran pencernaan.
  4. Mencegah perawatan yang berlebihan.

Jika kita menduga bahwa hairballs pada kucing kita adalah hasil dari membersihkan diri sendiri, cobalah untuk melatih kucing kita untuk melakukan kegiatan lain yang menyenangkan bukan menjilati mantelnya. Ini mungkin termasuk mengajarkan kucing kesayangan kita untuk bermain dengan mainan baru sendiri atau menemukan mainan yang menyenangkan hingga kita bisa bermain bersama-sama.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel