Block Wool Pada Kelinci

Penyakit Pada Hewan

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Block Wool Pada Kelinci

Block wool, Penyebab, Pencegahan dan Penanganan

Block Wool Pada Kelinci

Apa itu Block Wool

Block wool adalah tertelan atau di telannya rambut atau bulu atau wool oleh kelinci laki laki sendiri. Praktek ini mirip dengan apa yang kucing lakukan. Untuk perawatan diri sendiri, kelinci mencerna sejumlah kecil rambut. Biasanya, rambut melewati sistem pencernaan dan diekskresikan dalam kotoran kelinci. Dalam keadaan ini, mungkin terdapat hairball yang mengembang di dalam sistem pencernaan sebagai rambut yang terperangkap. Kucing dapat menginduksi dengan muntah untuk menghilangkan hairball, sementara kelinci tidak mempunyai kemampuan untuk muntah.

 

 

Block wool bisa menjadi masalah dalam pencernaan. Dalam perawatannya kelinci menelan sejumlah besar rambut selama waktu itu. Block Wool selalu bisa menjadi masalah bagi keturunan wool atau kelinci anggora yang berambut panjang. Jika Anda pernah membandingkan bulu yang di ambil dari breed non wool (non Angora) dengan yang breeds wool (angora) Anda pasti bisa memahami mengapa block wool sangat menjadi masalah bagi keturunan Kelinci Anggora.

Penyakit Pada Hewan

Masalah ini memperoleh namanya karena sering terjadi pada kelinci jenis wool atau kelinci anggora walaupun mungkin bisa juga terjadi pada kelinci jenis lain, ini di sebabkan wol atau bulu jenis kelinci anggora jauh lebih panjang. Bila Block Wool tidak diobati pada akhirnya akan memblokir jalur pencernaan sepenuhnya. Kelinci tidak akan mau makan dan akhirnya akan mati.

 

Gejala Block Wool

Sangat penting untuk mengetahui kelinci kesayangan kita secara individual. Perubahan sederhana dalam perilaku bisa menunjukkan kemungkinan adanya masalah. Salah satu tanda-tanda pertama dari masalah dengan block wool adalah kelinci akan menurun memakan makanan mereka.

Jika block wool sudah cukup buruk kelinci akan berhenti makan sama sekali. Kotoran juga mesti dipantau guna melihat tanda-tanda dari blok wol. Buang kotoran menjadi kurang sering, atau mungkin lebih kecil dari ukuran normal. Seringkali didalam kotoran akan ditumekan wol yang tertelan. Terkadang hairballs akan tumbuh cukup besar bahwa mereka dapat palpitated. Kelinci yang umumnya aktif mungkin menjadi lesu akibat penyumbatan.

 

Penanganan untuk Block Wool

Block wool pada kelinci dapat membawa kematian dengan sangat cepat. Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter hewan jika kelinci kesayangan menunjukkan tanda-tanda block wool.

Dibawah ini adalah cara untuk menghilangkan block wool yang ada pada kelinci.

  • Menghilangkan pelet dari diet mereka dengan segera.
  • Mengubah pakan kelinci sepenuhnya memakai jerami.
  • Kebanyakan peternak breed wool akan melengkapi pakan dengan salah satu dari dua buah ini, pepaya segar atau jus nanas. Tujuan dari pepaya dan nanas adalah guna meningkatkan kemampuan perut untuk memecah hairball tersebut.
  • Pisang juga bisa diberikan sebagai makanan dengan memperlunak dagingnya.
  • Sangat penting bahwa kelinci makan dan minum selama terkena block wool.
  • Jika semua ini tidak membawa hasil, kita bisa membeli obat kucing di petshop obat kucing obat hairballs seperti Petro-malt sering berhasil digunakan, seperti juga canola atau minyak zaitun. Dalam kasus yang parah dokter hewan dapat meresepkan Reglan.

 

Pencegahan Block Wool

Kunci untuk mengobati block wool adalah untuk mencegahnya. Pakan yang tinggi serat sangat penting dalam jenis kelinci wool. Kelinci wool harus mempunyai banyak jerami dalam pakan mereka. Banyak peternak menggunakan suplemen dengan tablet pepaya atau potongan nanas seminggu sekali. Perawatan yang tepat bagi kelinci kesayangan terutama selama meranggas akan mengurangi risiko blok wol. Pastikan bahwa kelinci kesayangan mendapatkan banyak latihan agar tidak menelan wool atau rambutnya sendiri.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel