Tips Membeli Kura-kura

Kura Kura

User Rating: / 7
PoorBest 
Tips Membeli Kura-kura - 4.1 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tips Membeli Kura-kura

Tips Membeli Kura kura

Kura kura merupakan hewan yang dapat berumur panjang, bahkan kura kura dapat berumur hingga 150 tahun. Kura kura adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau tempurung (bony shell) yang keras dan kaku. Tapi saat ini ada beberapa jenis kura kura yang dijadikan sebagai hewan kesayangan atau hewan peliharaan.

Berikut adalah tips membeli kura kura bagi anda yang ingin memelihara sebagai hewan kesayangan.

 

 

  1. Belilah kura-kura saat siang hari, hal ini dikarenakan pada siang hari kura-kura aktif bergerak dan juga mau makan.
  2. Agar kita dapat melihat kesehatan kura-kura tersebut, cobalah untuk memberinya makan dengan sedikit sayuran. Bila kura-kura tersebut merespon sayuran yang anda berikan, maka kura-kura tersebut bisa dikatakan sehat.
  3. Perhatikan hidung kura-kura tersebut, pada hidung kura-kura yang sehat akan terlihat kering dan tidak terdapat lendir.
  4. Perhatikan pula mata kura-kura tersebut. Kura-kura sehat memiliki mata bening dan terlihat berkilat.
  5. Cobalah letakan kura-kura tersebut ditanah yang terkana matahari langsung. Jika kura-kura tersebut langsung langsung berjalan menghindari matahari, berarti kura-kura tersebut sehat. Perhatikan juga cara kura-kura itu berjalan, pilihlah kura-kura yang berjalan tegap jangan yang dengan kaki diseret.
  6. Perhatikan tempurung kura-kura tersebut, amati setiap ruas tepi. Jangan pilih kura-kura yang tempurungnya sudah terkelupas atau patah.
  7. Perhatikan kuku kura-kura tersebut sebelum anda memilihnya sebagai hewan peliharaan anda. Kuku kura-kura pada bagian depan umumnya berjumlah 5 dan pada kaki belakang umumnya berjumlah 4. Kuku kura-kura tidak akan tumbuh kembali bila sudah rontok atau hilang.
  8. Pilihlah kura-kura yang berbobot, jangan pilih kura-kura dengan bobot ringan karena itu menandakan kura-kura tersebut kurang makan dan kurang sehat. Bisa juga kurangnya bobot menandakan kura-kura tersebut sedang strees hingga kehilangan napsu makan.
  9. Setelah kura-kura dibeli dan dibawa ke rumah, jangan terlalu banyak disentuh terlebih dahulu. Hal ini agar kura-kura tersebut terhindar dari strees.

 

Sumber Refferensi
Wikipedia
Reptil

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel