Tips Cara Merawat Kura kura dengan Baik

Kura Kura

User Rating: / 4
PoorBest 
Tips Cara Merawat Kura kura dengan Baik - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tips Cara Merawat Kura kura dengan Baik

cara merawat kura kura dengan baik

Saat kita memutuskan guna memelihara kura kura sebagai hewan kesayangan, Kita mesti mengetahui cara merawat kura-kura dengan baik. Apalagi jika kura-kura yang kita adopsi ternyata masih kecil, walaupun biasanya kura kura mempunyai umur yang panjang bahkan hingga puluhan tahun di alam liar. Namun jika tidak kita rawat dengan baik dapat menyebabkan kematian.


Banyak hobies yang memiliki pengalaman merawat kura-kura Indian Star yang masih kecil. Jika kita kurang perhatia terhadap airnya, makanan hingga kotorannya, banyak diantara kura-kura kecil tersebut menjadi tidak mau makan hingga pada akhirnya mati. Kematian bagi kura-kura juga bisa datang dari lingkungan sekitar, termasuk manusia.

 

Terdapat beberapa tips cara memelihara kura-kura terutama bagi yang masih kecil :


Habitat untuk hidup yang sesuai.
Habitat untuk hidup yang sesuai, termasuk ruang yang memadai untuk bergerak. Kura-kura bisa diletakkan dalam kolam, akuarium maupun bak air. Namun harus disesuaikan dengan ukuran tubuh kura-kura. Bagi kura-kura yang memiliki ukuran besar hingga sudah masanya untuk bertelur, maka habitat hidupnya harus memiliki tempat air, tempat berjemur, maupun tempat bertelur.

Air bersih.
Kura-kura memerlukan air bersih untuk minum dan juga berenang. Bagi kura-kura kecil, kebersihan air mutlak harus diperhatikan, sebab air yang kotor akan membuat kura-kura sangat rentan terhadap serangan penyakit, jamur dan jika kita biarkan dapat mengakibatkan kematian.

Makanan Kura-kura
Setiap kura-kura memiliki selera makan yang cukup berbeda, ada kura kura yang suka sayuran, ikan kecil, udang, jangkrik, maupun pelet ikan dan pelet khusus kura-kura yang banyak di jual di Aquashop dan petshop. Kenali makanan kesukaan kura kura kita, namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi menurut umur, ukuran dan jenis. Lihat di Apa Makanan Kura kura dan Saat Tepat Memberi Makan Kura-kura

Lingkungan yang aman
Kura-kura yang masih kecil adalah makanan empuk dari hewan lain seperti anjing, tikus, kucing maupun ayam. Bahkan sering kali anak kita yang masih balita juga kerap menginjak atau menjatuhkan kura-kura dari tempat yang tinggi. Ini mesti kita awasi, jangan sampai kura-kura kecil kita mati karena lingkungan yang kurang baik.

Hukum rimba
Dalam dunia hewan tentu berlaku hukum rimba dalam dunia hewan, yang kuat adalah yang menang. Saat kita memiliki banyak kura-kura, akan kita dapati beberapa kura-kura yang dominan dan dengan agresif merebut makanan dari teman linnya. Karena itu harus kita berikan makanan pada kura-kura kecil secara terpisah supaya pertumbuhan tubuh mereka tidak kalah dengan kura-kura dominan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel