Perawatan Penyu Mata Mata Chelus fimbriatus

Kura Kura

User Rating: / 3
PoorBest 
Perawatan Penyu Mata Mata Chelus fimbriatus - 5.0 out of 5 based on 3 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Perawatan Penyu Mata mata ( Chelus fimbriatus )

Perawatan Penyu Mata Mata
Penyu Mata Mata / Mata Mata Turtle
Penyu mata mata merupakan jenis kura kura air yang istimewa, Hidungnya yang runcing memungkinkan mata mata turtle untuk tetap tersembunyi di bawah air dalam situasi berbahaya sementara dia masih bisa bernapas. Perawatan penyu mata mata juga cukup mudah, media hidupnya adalah didalam Air.


Ciri-ciri Mata Mata Turtle
Plastron pada penyu mata mata berwarna cerah, sedangkan kepalanya berbentuk sangat menarik. Cangkangnya menyerupai sepotong kulit kayu, sedangkan kepalanya menyerupai daun-daun berguguran.Ini yang menjadi salah satu penampilan utama dari penyu mata mata. Mata mata turtle sering berada di bawah perairan dangkal tanpa terlihat, seseorang mungkin berjalan melewatinya tanpa mengetahui keberadaannya kecuali mereka tahu apa yang mereka cari.

Penyu Mata Mata ( Chelus fimbriatus )

Dari kejauhan hidung penyu mata mata akan terlihat seperti ranting kecil. Ini sedikit menyerupai hidung kura-kura softshell. Penyu mata mata adalah salah satu kura-kura yang tampak rapi di planet ini. Ini terlihat dari puing-puing yang ditemukan di dasar kolam vernal, seperti daun yang berguguran. Karapas matamata
berwarna cokelat, merah dan warna hitam. Spesies penyu mempunyai kepala lebar dan hidung yang runcing. Leher yang dimemiliki bertekstur kaku yang berguna untuk membantu dalam kamuflase atau penyamaran.

Ukuran Penyu Matamata
Tukik penyu matamata lebih berwarna cerah dan tampak keputihan atau kekuningan seperti daun tropis di banding matamata yang sudah dewasa. Penyu Mata mata bisa mencapai lebih dari 2 meter. Namun, ukuran khas dari matamata turtle ini hanya berkisar 16-20 inci panjang untuk penyu dewasa berukuran penuh .

Masa Hidup Penyu Mata Mata
Rincian masa hidup yang tepat untuk penyu matamata tidak benar-benar diketahui, namun sebagian dokumentasi menunjukkan rata-rata hidup penyu di mana saja berkisar umur 40-75 tahun. beberapa penyu bisa hidup lebih dari 100 tahun jika diberikan perawatan yang tepat.

 

Perawatan Penyu Mata Mata Chelus fimbriatus

Kandang yang tepat bagi penyu matamata
Mata mata turtle membutuhkan kandang dengan air tempat dia berenang, air yang diperlukan sedikit asam dengan pH mendekati 5 atau 6. Kita dapat meningkatkan keasaman dengan menambahkan sphagnum moss yang sangat asam. Membuat kolam dangkal merupakan ide yang baik. Kedalaman air berkisar 8 hingga 10 inci untuk penyu dewasa  atau 3 hingga 4 inci untuk tukik penyu matamata. Walaupun penyu ini menghabiskan banyak waktu mereka di dalam air, namun mereka tidak selamanya berenang. Mereka lebih sering berbaring diam di sebagian besar waktu.

Besar kura kura mata mata sekitar 16 inci, memerlukan bak besar atau setup setidaknya 4 kaki x 4 kaki. Kura-kura kecil dapat ditempatkan dengan baik di kandang kecil, kandang harus memiliki ruang yang memadai untuk kura kura mata mata bergerak. Pastikan kita memiliki filtrasi yang baik di kandang mata mata ini, aliran oksigen merupakan kunci utama karena membantu melawan bakteri yang tidak diinginkan di dalam air. Air harus diganti secara teratur dan disimpan sejelas mungkin .

Tanaman air atau tanaman buatan bisa kita tambahkan sebagai tempat persembunyian, yang  membantu mengurangi stres pada penyu mata mata itu. Sebuah log, cabang atau  rock merupakan ide yang baik sebagai area berjemur. Hindari menggunakan batu-batu besar di kandang karena hal ini bisa menyebabkan luka dan goresan yang dapat menyebabkan shell membusuk.

Penerangan Lighting dan Suhu kandang penyu mata mata
Suhu air yang tepat berkisar antara 80 sampai 90 derajat Fahrenheit, penyu mata mata ditemukan di lingkungan tropis sehingga mereka membutuhkan suhu yang lebih tinggi.

Lighting lampu berjemur berkisar 75 - 150 watt, sekitar satu kaki di atas area berjemur. Tambahkan lampu UVB - emitting tambahan untuk sinar ultraviolet, area
berjemur harus di pertengahan 90-an watt keatas.

Makanan Penyu Mata Mata
Penyu Mata mata adalah hewan karnivora dan lebih memilih ikan hidup, ikan kecil, platies, mollies, guppy, ikan mas dan mola-mola. Beberapa kura-kura mengambil makanan dimalam hari. Usahakan kandang penyu matamata diisi dengan ikan setiap saat dan memungkinkan mata mata dengan bebas mengambil pakan mereka.

Pastikan untuk menempatkan banyak ikan di kandang mata mata itu. Hal ini untuk mempermudah bagi penyu mata mata saat mencoba untuk menangkap satu atau dua ikan ketika lapar. usahakan selalu tetap penuh dengan 30 atau 40 ikan pada suatu waktu . Ikan ini akan cukup untuk 4 atau 5 hari ke depan, tergantung pada ukuran kura kura mata mata kita.

Semoga perawatan penyu mata mata ini dapat membantu para pemiliki penyu mata mata, atau yang birniat memiliki mata mata turtle ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel