Mengenal Jenis Labi-labi atau Bulus

Kura Kura

User Rating: / 2
PoorBest 
Mengenal Jenis Labi-labi atau Bulus - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mengenal Jenis Labi-labi atau Bulus

Dermatemyidae


Kita tentu mengetahui tentang hewan kura-kura, namun masih banyak yang salah tentang jenis-jenis kura-kura. Kura-kura termasuk bangsa (ordo) Testudinata (atau Chelonians), sangat mudah dikenali dengan adanya karapas (carapace) atau tempurung (bony shell) yang keras serta kaku.


Di Indonesia, kita mengenal ada tiga kelompok hewan yang masuk dalam bangsa kura-kura. Yaitu penyu ( sea turtles), labi-labi atau bulus (freshwater turtles-bahasa inggris / Trionychoidea bahasa latin) - ini yang akan kita bahas saat ini, dan kura-kura (tortoises). Untuk kura-kura kita bedakan kembali antara kura-kura darat (land tortoises) dengan kura-kura air tawar (freshwater tortoises atau terrapins).

 

Mengenal Jenis Labi-labi atau Bulus

Labi-labi atau bulus banyak ditemukan di sungai-sungai air tawar Indonesia, juga banyak menyebar di Amerika tengah.

Dermatemyidae
Dermatemyidae juga menyebar secara terbatas di Amerika Tengah. Dermatemyidae   berukuran relatif besar dan banyak hidup di sungai-sungai.

Carettochelyidae, labi-labi moncong babi

labi-labi moncong babi


Suku Carettochelyidae hanya mempunyai satu anggota yang masih hidup, yaitu labi-labi moncong babi (Carettochelys insculpta). Jenis lainnya sudah punah dan hanya ditemukan dalam bentuk fosil. Jenis labi-labi moncong babi menyebar secara terbatas di Papua bagian selatan serta  Australia bagian utara.

Trionychidae, labi-labi

Trionychidae, labi-labi


Labi-labi menyebar luas di Amerika utara,  Afrika dan Asia, ini merupakan suku labi-labi yang paling banyak ditemukan jenisnya. Namun di Australia, suku labi-labi hanya tinggal berupa fosil. Di Indonesia masih sangat banyak ditemukan, berikut beberapa contoh labi-labi yang masih ditemukan di Indonesia:

Bulus (Amyda cartilaginea)

Bulus (Amyda cartilaginea)

Manlai alias labi-labi bintang (Chitra chitra)

Manlai alias labi-labi bintang (Chitra chitra)

Labi-labi hutan (Dogania subplana)

Labi-labi hutan (Dogania subplana)

Labi-labi irian (Pelochelys bibroni)


Antipa, labi-labi raksasa (Pelochelys cantori)

Antipa, labi-labi raksasa (Pelochelys cantori)

Inilah jenis-jenis labi-labi atau bulus yang ada di indonesia. Beberapa diantaranya telah punah, walau begitu tingkat konservasinya masih rendah di Indonesia.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel