Home Kura Kura Ciri Fisik Kura-kura Brazil

Ciri Fisik Kura-kura Brazil

User Rating: / 2
PoorBest 
Ciri Fisik Kura-kura Brazil - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kura Kura
Written by Pencinta Hewan   

Red Ear Slider RES

Ciri Fisik Kura-kura Brazil

Kura kura Red Ear Slider RES atau Sliders Telinga Merah atau biasa di Indonesia di kenal dengan nama Kura kura brazil sangat mudah dikenali. Tanda utama  mereka adalah stripe bintang merah (atau oranye - kuning) dimulai pada akhir mata Kura kura Red Ear Slider dan meluas untuk menutupi daerah telinga Kura kura Brazil. Karapas kura kura Brazil (shell atas) adalah bulat dan halus serta mempunyai pola garis hitam dan kuning.


Plastron Kura kura Brazil (bottom shell) juga halus dan kuning dengan pola yang berbeda dan unik. Tukik mulai dengan karapas hijau yang sangat terang yang sedikit lentur (lunak) dan Kura kura Brazil dewasa memiliki karapas hijau gelap. Seiring usia kura kura RES, pola menjadi kurang terlihat serta karapas menjadi lebih gelap dan daerah telinga cenderung memudar merah.

Plaston dan karapas kura kura brazil

Kulit Kura kura Brazil memiliki pola garis hijau dan kuning. Kura kura Brazil betina secara fisik lebih besar daripada jantan. Namun, Kura kura Brazil jantan memiliki cakar atau kuku yang lebih panjang serta ekor panjang dan tebal. Walaupun ketajaman dan panjang cakar mereka, tidak pernah harus diperlukan untuk memotong atau memangkas cakar.

Catatan: Ada beberapa Kura kura Brazil lain yang mempunyai variasi warna yang berbeda dan pola lainnya. Mereka mungkin varian regional atau hasil persilangan atau pembiakan selektif.

 

Anatomi Kura kura Brazil

Shell Kura kura Brazil Red Ear Slider terdiri dari karapas atau top dan seksi plastron atau bawah. Karapas ini dibagi menjadi beberapa bagian atau piring yang disebut scutes (osteoderms) terbuat dari keratin. Ini mirip dengan sisik dan berasal dari epidermis RES itu. Lapisan atas scute juga akan jatuh ketika Kura kura Brazil sheds. Jembatan yang menghubungkan karapas dan plastron. Ini adalah bagian tulang di antara kaki depan dan kaki belakangnya.

ciri fisik kura kura brazil

Pada bagian bawah ekor terdapat kloaka - satu-satunya pembukaan untuk melayani tujuan usus, kencing serta reproduksi. Kloaka pada Kura kura Brazil betina lebih dekat ke shell sedangkan Kura kura Brazil jantan, yang mempunyai ekor panjang dan tebal lebih panjangKura kura Brazil jantan mempunyai cakar depan panjang yang digunakan selama ritual pacaran atau dalam perkelahian mempertahankan wilayah teritorial mereka. Cakar Kura kura Brazil yang tajam dapat dengan mudah menggores kulit.

Semua Ciri Fisik Kura kura Brazil memiliki paruh yang terbuat dari sepotong tajam keratin. Paruh ini bisa dengan mudah memotong daging dan buah-buahan. Red Ear Slider tidak memiliki gigi guna memecah makanan, namun tenggorokan mereka cukup fleksibel untuk mengakomodasi sebagian besar makanan. Selain itu, Red Ear Slider perlu air untuk menelan karena mereka tidak menghasilkan air liur. Mereka mungkin mengambil makanan yang ada di darat tetapi akan membawanya ke dalam air saat menelannya.

Pengukuran, Pertumbuhan serta Usia Red Ear Slider

Panjang lurus karapas (SCL / The straight carapace length) digunakan untuk mengukur RES dengan benar. Guna memperoleh pengukuran ini, kita melakukan peregangan garis antara bagian depan shell dan belakang dan mengabaikan kelengkungan karapas. Cara terbaik adalah dengan menggunakan penggaris yang kaku dibandingkan dengan pita pengukur.
Kura-kura brazil
Panjang lurus karapas Tukik sekitar 1 inci (2,5 cm) panjangnya. Tukik sesudah tahun pertama, sekarang disebut sebagai dara, mencapai panjang sekitar 2-3.5 "inci. Kura kura RES jantan menjadi dewasa secara seksual sekitar panjang 4 inci, sedangkan RES betina panjang sekitar 5 inci. Panjang rata-rata dari RES dewasa dapat bervariasi antara 7 sampai 12 inci. Jantan dewasa berkisar antara 7-9 inci (17,8 cm - 22,8 cm) sementara betina dewasa jatuh antara 10-12 inci (25 cm - 30,5 cm).

Catatan: Ukuran tidak dapat dipercaya menunjukkan usia, namun kura-kura peliharaan  biasanya tumbuh pada tingkat yang jauh lebih cepat. Ini biasanya merupakan hasil dari overfeeding dan kurangnya periode hibernasi. Overfeeding menyebabkan kesehatan yang berbahaya (fisik dan usus) isu dan RES captive tidak perlu hibernasi.

Dengan habitat yang tepat dan kondisi diet, Kura kura Red Ear Slider yang ada di penakaran bisa hidup lebih lama daripada rekan-rekan liar mereka. Kura kura brazil  dipenakaran dapat hidup selama 40 tahun dan Sliders Telinga Merah liar dapat hidup selama 20 tahun.

Refferensi :
http://redearslider.com
http://en.wikipedia.org


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla