Cara Merawat Kura-kura kecil

Kura Kura

User Rating: / 4
PoorBest 
Cara Merawat Kura-kura kecil - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Kura-kura kecil

Cara Merawat Kura-kura
Cara Merawat Kura-kura kecil - Banyak kura-kura kecil yang dijual disekolah-sekolah atau pasar dll, biasanya target mereka adalah anak-anak yang sangat senang dengan kura-kura. Jenis kura-kura kecil yang bayak dijual ini biasanya dari jenis kura-kura Brazil, namun terkadang tercampur juga kura-kura jenis lain. Harga jualnya sangat murah berkisar Rp 50.000 per pasang, sudah termasuk sebuah toples sebagai "akuarium" dan sebungkus pelet untuk pakan kura-kura kecil tersebut.


Tentu saja bagi Anda yang memiliki hobies memelihara kura-kura, sangat tidak disarankan membeli kura-kura kecil tersebut karena tidak diketahui asal-usulnya, breeder, kesehatan dan bahkan jenisnya pun terkadang sulit dikenali. Namun bagaimana bila anak kita atau saudara kita terlanjur membelinya, maka kita harus merawat kura-kura kecil tersebut dengan baik. Dan kita mesti mengetahui cara merawat kura-kura kecil tersebut. Berikut ini adalah tips cara memelihara kura-kura kecil yang bisa diikuti dengan mudah

 

Cara Merawat Kura-kura kecil

Cara Merawat Kura-kura kecil
Akuarium Tempat Tinggal
Kura kura tentu saja membutuhkan tempat hidup, biasanya dipelihara dalam akuarium besar atau kolam. Untuk bayi kura-kura ini, kita memerlukan sebuah akuarium yang cukup besar dengan ukuran sekitar panjang 30 cm dan lebar 15 cm. Walaupun biasanya penjual melengkapi dengan "toples akuarium", namun ukurannya terlalu kecil. Jadi kita tetap harus menggantinya.

Lengkapi akuarium tadi dengan batu-batu kerikil, dan jika mungkin dengan dekorasi alam lainnya. Kura-kura hidup dalam air, namun tetap mesti keluar dari air. Untuk itu berikan sebuah  batu yang tidak terendam seluruhnya dalam akuarium kura-kura tadi sebagai tempat berjemur.

Pakan Bayi Kura-kura
Kura-kura kecil atau kura-kura bayi cukup diberi makan pelet khusus kura-kura. Sesekali bisa diberikan cacing tanah atau sayuran, pastikan sisa pakan dibersihkan kembali. Berikan kura-kura makanan secara teratur. Lihat saat tepat memberi makan kura-kura

Air bersih
Karena kura-kura sebagian besar hidupnya berada dalam air, maka kita harus pastikan air yang tersedia di akuarium selalu bersih dan layak dikonsumsi oleh kura-kura. Lakukan penggantian air 2 hari sekali,  dan kapanpun saat air terlihat kotor. Air yang kotor bisa menimbulkan berbagai penyakit pada kura-kura seperti tempurung berjamur hingga kematian.

Jemur Kura-kura
Kura-kura butuh sinar matahari yang cukup agar tempurung mereka tetap keras dan sehat. Sebaiknya jemur kura-kura setiap hari dari jam 8 hingga 10 pagi.

Ciptakan Kondisi Yang Aman
Kura-kura kecil merupakan makanan bagi hewan lain yang lebih besar, bahkan anak kita yang masih kecil juga merupakan "pengganggu". Sebisa mungkin simpan akuarium kura-kura ditempat yang aman, jangan terlalu banyak di angkat atau sentuh oleh anak-anak kita. Pastikan tempat kura-kura bermain aman sebelum mereka mulai bermain.

Cara merawat kura-kura kecil tidak terlalu sulit, berbeda dengan kura-kura yang sudah cukup besar. Setiap jenis kura-kura memerlukan perawatan yang berbeda. Namun untuk kura-kura kecil perawatannya masih sama.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel