Penyakit Ginjal pada kucing

Kucing

User Rating: / 4
PoorBest 
Penyakit Ginjal pada kucing - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Penyakit Ginjal pada kucing / Gagal Ginjal

Penyakit Ginjal pada kucing
Gagal ginjal juga bisa terjadi pada kucing, gagal ginjal biasanya disebabkan oleh penyakit ginjal dan menjadi salah satu penyebab utama kematian pada kucing yang lebih tua. Penyebab penyakit ginjal pada kucing meliputi usia, genetika dan faktor lingkungan seperti akses menelan zat beracun. Gagal ginjal pada kucing bisa mengambil dua bentuk, yaitu akut atau kronis. Gagal ginjal akut dikaitkan dengan berhenti tiba-tiba fungsi ginjal, sedangkan hasil gagal ginjal kronis dari kerusakan progresif pada fungsi ginjal.

 

Gagal Ginjal Pada Kucing

Sejumlah gejala dapat muncul sebagai akibat dari penyakit ginjal pada kucing, gejala gagal ginjal seperti buang air kecil yang berlebihan, rasa haus meningkat, mual,  bunyi berderak di rahang, muntah, dehidrasi, konstipasi, kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, halitosis (bau amonia) dan kelesuan. Bila kucing kita mengalami gejala-gejala tersebut, dokter hewan kita bisa melakukan uji atau test diagnosa untuk penyakit ginjal dan gagal ginjal. Urinalisis dapat menguji untuk melihat apakah urin kucing diencerkan, yang menunjukkan bahwa ginjal yang tidak lewat sampah. Tes darah bisa mengetahui kreatinin dan BUN (urea nitrogen darah) tingkat. Tingkat kreatinin tinggi dapat menjadi tanda hilangnya fungsi ginjal.

Meskipun tidak ada obat untuk penyakit ginjal kucing, kita bisa mengobatinya melalui penyesuaian makanan kucing kita, obat-obatan, dan diuresis (terapi hidrasi). MenurutMerck Veterinary Manual, hewan yang menerima pengobatan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dengan hanya menggunakan 5 hingga 8 persen dari jaringan ginjal mereka. Sementara beberapa penyakit pada kucing adalah akibat dari penuaan, banyak yang dapat dicegah dengan memastikan kucing kita selalu terawat, selalu dirumah dan segera diobati bila terluka.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel