Nutrisi Yang Diperlukan Kucing

Kucing

User Rating: / 5
PoorBest 
Nutrisi Yang Diperlukan Kucing - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Nutrisi Yang Diperlukan Kucing

Nutrisi Yang Diperlukan Kucing,kebutuhan Nutrisi Yang Diperlukan Kucing,kebutuhan Nutrisi kucing, gizi bagi kucing,kucing,makanan kucing,kebutuhan gizi kucing

Kucing juga seperti manusia, memerlukan nutrisi yang cukup guna memenuhi kebutuhan gizi mereka. Kesalahan atau kekurangan dalam memberikan kandungan nutrisi bisa berpengaruh terhadap kesehatan kucing kesayangan kita. Penyakit seperti bulu mudah rontok hingga sering hairballs pada kucing, kucing kurus, dan beragam masalah pencernaan bisa di pengaruhi oleh pemenuhan nutrisi yang kita berikan bagi kucing kita.

 

Makanan kucing yang akan kita berikan seyogyanya memenuhi standar kebutuhan nutrisi yang diperlukan kucing. Secara umum jenis makanan kucing di bagi menjadi 2 macam, yaitu buatan sendiri ( hand made food cat's ) dan instant (Instant food Cat's).

1. Jenis Makanan kucing buatan sendiri - hand made food cat's

Jenis makanan kucing buatan sendiri umumnya di siapkan oleh kita yang terdiri dari daging, ikan, telur. Sebagian hobies menambahkan sumber karbohidrat seperti sedikit nasi atau sayur cincang namun tidak di anjurkan, hal ini karena kucing adalah hewan karnivora atau hewan pemakan daging.

kelebihan jenis makanan kucing kita bisa sedikit berhemat dibanding dengan membeli makanan siap saji dan tidak terkontaminasi zat kimia seperti pengawet dll, kelemahannya makanan kucing buatan sendiri tidaklah praktis, nutrisi yang kita sajikan juga mungkin tidak sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang di perlukan kucing.

2. Jenis makanan kucing instan - Instant food Cat's

Jenis makanan kucing instan atau siap saji bisa kita beli Petshop atau supermarket, saat ini banyak sekali varian makanan kucing siap saji. Anda bisa memilih yang sesuai dengan umur dan jenis kucing. Makanan kucing instan bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu basah dan kering.

  1. Makanan kucing kering instan (dry food Cat's ). Pemberian makanan kucing kering di anggap yang terbaik untuk kucing, baik untuk kesehatan gigi kucing, lebih tahan lama, praktis, dan sudah di sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan kucing.
  2. Makanan kucing basah instan ( Wet Food Cat's ). Makanan kucing basah dinilai kurang baik jika diberikan dalam waktu yang lama, makanan kucing basah lebih berupa junk food bagi kucing. Makanan ini berpotensi kurang baik bagi kesehatan gigi kucing, kandungan gizi makanan kucing yang tidak lengkap ( biasanya diberikan bahan gizi tambahan yang berarti tidak alami ), memiliki bahan kimia seperti pengawet dan aroma atau rasa yang lebih banyak dibanding makanan kucing kering, dan umumnya kucing yang kita berikan makanan kucing kalengan akan menolak saat diganti kejenis makanan kering.

 

Untuk itu kita mesti mengetahui jenis kucing kita, umur kucing kita dan perangainya sebelum di berikan makanan kucing. Pastikan kebutuhan nutrisi yang diperlukan kucing terpenuhi oleh makanan yang kita sajikan, berikut persyaratan gizi makanan kucing yang di perlukan oleh seekor kucing.

 

  1. Memiliki Kandungan protein hewani yang tinggi, minimal 25 %. Semakin tinggi kandungannya biasanya lebih baik. Bisa di dapat dari daging dan ikan.
  2. Memiliki Kandungan rendah lemak, efisiensi pencernaan lemak pada kucing sangat rendah.
  3. Memiliki pH rendah atau derajat asam tinggi.
  4. Kucing juga membutuhkan Taurin yang di dapat dari daging dan ikan.
  5. Mengandung lemak hewani atau Asam arakidonat (arachidonic acid)
  6. Vitamin dan mineral ( Vit A, B12, Niacin, Thiamin, C, kalium, magnesium, seng, kalsium, besi, fosfor dan natrium klorida). namun jangan terlalu berlebihan sebab magnesium dan kalsium yang terlalu tinggi justru akan menyebabkan gangguan saluran kemih.
  7. Mengandung serat. Serat alami bisa di dapat dari daging yang di makan kucing, tidak perlu serat tambahan dari sayuran

 

Makanan kucing terbaik adalah sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang diperlukan kucing, makanan alamiah kucing adalah daging. Bila anda memilih membuat makanan kucing sendiri, maka anda mesti menyiapkan daging yang cukup, sesuaikan pemberian makanan kucing hanya untuk sekali makan habis. Untuk waktu tertentu atau saat bermain anda bisa memberikan makanan kucing kering instan, walau bagaimanapun makanan kucing buatan sendiri adalah pilihan yang terbaik.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel