Kucing manx

Kucing

User Rating: / 1
PoorBest 
Kucing manx - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kucing manx

kucing manx
Kucing domestik (Felis catus) Stubbin, Rumpy


Kucing manx termasuk kucing yang unik dan banyak dicari para kolektor, biasa juga disebut Rumpy. Kucing Manx termasuk ras kucing yang tidak mempunyai ekor, atau meskipun memiliki ekor ukurannya sangatlah pendek. Kucing manx berasal dari Isle of man, sebuah pulau kecil di Inggris. Rumpy adalah ras kucing tertua yang telah terdaftar di Cat Fanciers Association - CFA pada tahun 1908.

Kucing manx memiliki perbedaan sifat dengan kucing pada biasanya, kucing manx menyukai air. Manx sangat senang memasukkan tangan ke dalam tempat minum atau air. Kucing ini banyak menjadi buruan para kolektor kucing, sejarahnya yang panjang dan keunikkanya membuat harganya cukup mahal. Harganya bisa mencapai 15 hingga 40 juta rupiah.

 

Ciri Fisik Kucing Manx

kucing manx rumpy


Ukuran tubuh rumpy lebih pendek dibandingkan ras kucing lainnya, Dada cukup lebar dan tulang punggung melengkung hingga pinggul. Letak pinggul kucing manx lebih tinggi dari bahunya, hal ini disebabkan kaki belakang manx lebih panjang serta lebih kuat dari kaki depan. Ada kalanya rumpy juga disebut sebagai kucing setengah kelinci.

Kucing manx juga mempunyai ciri khas lain, yakni mempunyai bentuk kepala bundar dan bentuk pipi yang menonjol. Hidung  manx mempunyai warna yang sama dengan warna bulunya. Leher manx pendek dan tebal, dan mempunyai mata yang besar serta bulat. Kucing kesayangan ini memiliki ukuran telinga yang sedang dan saling berjauhan, serta dengan pangkal telinga yang melebar juga melengkung dibagian ujungnya.

Karakteristik Kucing Manx


Kucing manx mempunyai sifat yang aktif dan suka bermain. Kucing ini juga dikenal sebagai kucing yang setia terhadap satu orang (majikan) dan atau satu keluarga serta umumnya agak sulit untuk hidup beradaptasi pada majikan atau keluarga lain. Karena ini kucing manx memperoleh julukan one person cat dan atau one family cat. Kucing manx sangat disukai para petani, sebab mereka adalah pengusir dan pemburu tikus yang handal.

Sejarah dan Mitos Rumpy

manx cat

Di Inggris Raya, kucing mnx sudah dikenal sebelum terbitnya majalah Cat Fancy di negara tersebut pada tahun 1870. Kucing ini mulai populer di Amerika sekitar tahun 1930.

Ada banyak mitos yang berhubungan dengan kucing manx dan bagaimana kucing ini kehilangan ekornya. Salah satu mitos yang menceritakan hilangnya ekor manx adalah pada zaman Nabi Nuh. Ada satu kisah menceritakan ada seekor kucing yang datang terlambat ketika bahtera Nabi Nuh hendak berangkat. Dan karena terburu-buru dalam menutup pintu bahtera, pintu bahtera itu menimpa serta memotong ekor kucing manx, inilah awal dari nenek moyang ras manx.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel