Kucing Maine Coon

Kucing

User Rating: / 9
PoorBest 
Kucing Maine Coon - 5.0 out of 5 based on 9 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon,Maine Coon, Maine Coon cat,Kucing MaineCoon,Mainecoon Cat,ras Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan salah satu ras kucing yang telah ada secara alamiah. Sesuai  dengan namanya, ras Kucing Maine Coon berasal dari negara bagian Maine di Amerika serikat.  Pada awalnya kucing ini banyak dipelihara di Pertanian guna menjaga gudang gandum petani dari gangguan hama tikus, sifat aktif dari Kucing Maine Coon dalam menangkap gerakan tetap  bertahan hingga dewasa. Jika anda ingin memiliki kucing yang besar dan aktif, maka Kucing Maine Coon adalah salah satu pilihan untuk hewan peliharaan anda.

 

 

Ada banyak mitos dan legenda yang muncul berhubungan dengan asal ras kucing ini. Walaupun secara biologi ( terutama di jaman dulu) hali ini tidak mungkin terjadi, banyak orang yang percaya Maine Coon Cat didapat dari perkawinan kucing setengah liar dengan Racoon. Mitos ini berkembang disebabkan bentuk dan warna ekor kucing ras ini banyak yang mendekati ekor racoon. Disamping itu nama racoon juga kemudian diadopsi membentuk nama ras kucing ini, 'maine' berasal dari nama negara bagian sedangkan 'coon' adalah kependekan dari racoon. Mitos lain yang cukup populer yaitu Kucing Maine Coon berasal dari enam ekor kucing peliharaan Marie Antoinette yang dikirim ke Wiscasset As saat dia berencana untuk melarikan diri dari Perancis ketika terjadi revolusi Perancis.

 

Pada umumnya pembiak kucing berpendapat bahwa ras Kucing Maine Coon diperoleh dari perkawinan kucing domestik dengan kucing kucing berbulu panjang dari negara lain. Dua ras kucing yang dicurigai sebagai nenek moyang Kucing Maine Coon adalah 'kucing Angora YANG' diduga dibawa oleh para pedagang Inggris dan 'Kucing Norwegian Forest YANG' yang dibawa ke Amerika oleh bangsa viking. Betul tidaknya hal ini, bentuk fisik kucimg norwegian Forest memang mempunyai kemiripan dengan Kucing Maine Coon.

 

Pada tahun 1861 Kucing Maine Coon pertama kalinya mengikuti kontes kucing, seekor kucing Maine Coon betina berwarna brown tabby dengan nama Cosie, memenangkan kontes kucing di Madison square garden. Popularitas Kucing Maine Coon sempat turun di tahun 1900an dan kalah di bandingkan dengan popularitas kucing angora dan persia, kucing ras ini mulai kembali di kembangkan dan diikutkan kontes kucing pada tahu 1950an. Pada tahun 1968 enam orang pembiak Kucing Maine Coon bergabung dan membentuk Maine Coon Breeders and Fanciers Association (MCBFA) guna mempertahankan serta melestarikan ras kucing ini. Ditahun 1980 Maine Coon sudah diakui oleh seluruh organisasi penggemar kucing sebagai satu  ras dengan karakteristik dan standar tersendiri.

 

Kucing Maine Coon "asli" memiliki jari kaki Polidactyl, Polidactyl adalah kelebihan jari kaki yang bersifat genetika dominan. Saat ini sebagian besar Kucing Maine Coon modern tidak lagi mempunyai gen polidactyl walaupun ada beberapa pembiak kucing yang mempertahankan gen ini. Umumnya organisasi kucing dan klub kucing dunia tidak mengijinkan kucing polidactyl mengikuti kontes, akibatnya maine coon polidactyl tidak banyak dikembangbiakkan lagi.

 

Standar Ras Kucing Maine Coon

Berbeda dengan Kucing persia atau kucing exotic lainnya, standar Mainecoon yang baik sebagai hewan peliharaan Pets adalah sebagai berikut :

  • Kepala : lebar kepala medium dan panjang kepala harus lebih panjang dari lebarnya .
  • Kuping : memiliki kuping panjang dan tinggi.
  • Mata : ukuran besar, menarik, dan aktif (ekpresif)
  • Leher : ukuran leher medium panjang
  • Bentuk badan : berotot, dada lebar, ukuran medium sampai besar, untuk betina lebih kecil.
  • Kaki : tinggi kaki medium, dua kaki depan harus lurus jika dilihat dari depan begitu juga kaki  belakang mesti lurus jika dilihat dari belakang.
  • Buntut : Panjang dan bulunya tebal serta melambai.
  • Bulu : Tebal berundak (shagy), agak tipis dibagian depan , lebih panjang pada bagian bawah  perut, dan kaki belakang., serta halus bagai sutera.

Kucing Maine Coon,Maine Coon, Maine Coon cat,Kucing MaineCoon,Mainecoon Cat,ras Kucing Maine Coon

Standart Show CFA untuk Ras Kucing Maine Coon

Aslinya kucing ini adalah kucing Pekerja, Berbadan besar dan tahan terhadap perubahan Cuaca,  Yang paling membedakan bulunya tebal dan halus, serta buntutnya yang panjang akan  melambai-lambai bila berjalan. Proporsi tubuh dan keseimbangan dari semuanya menjadi nilai  utama untuk kucing ini. Kwalitas bukan ditentukan dari ukuran, walaupun ukuran kucing yang  besar tentunya lebih di sukai.

Berikut Point yang di berikan dalam kontes CFA untuk Ras Ras Kucing Maine Coon

Kepala Total Point 30

  • Bentuk     15
  • Kuping      10
  • Mata         5

Bentuk Kepala berukuran sedang, lebih panjang sedikit dibandingkan lebar muka serta berbentuk kotak pada moncongnya, untuk jantan dewasa tulang pipi tinggi. Moncong atau Dagu terlihat kotak dan berbentuk tumpul, tidak boleh lancip, panjangnya sedang. Panjang serta lebar Dagu mesti seimbang dengan bentuk kepala. Dan menampilkan bentuk yang seimbang dan menyenangkan. Leher berukuran sedang dan Panjang. Kuping berbentuk besar serta lebar dengan ujung yang tajam kesatu titik dan terletak baik. Mata besar, berekpresi, sedikit lonjong mengarah pada kuping.

 

Badan Total Point 30

  • Bentuk 15
  • Leher     5
  • Kaki       5
  • Buntut   5

Bentuk Badan Berotot, berdada lebar, sedang sampai besar, Betina umumnya lebih kecil dari pada Jantan. Badan mesti panjang tapi mesti sesuai dengan proporsinya, dan menampakan kegagahan. Ini di sesuaikan dengan umur kucing. Kaki berukuran medium sesuai dengan bentuk badan, keempat kaki harus lurus, bila dilihat dari belakang kaki belakang sejajar dengan kaki depan, jari kakinya besar, 5 jari di kaki depan dan 4 Jari di kaki belakang. Buntut panjang serta besar di pangkal, rambutnya panjang dan melambai.

 

Bulu atau Rambut Total point 20

Bulu padat dan tebal, lebih pendek di bagian atas badan serta lebih panjang dibagian bawah  perut. Adanya bulu di sekitar leher lebih di sukai, memiliki tekstur yang halus seperti sutera.

 

Warna Total point 15

  • Warna Bulu 10
  • Warna Mata 5

Warna Bulu untuk warna solid harus kontras, sedangkan untuk Pola tabby harus jelas polanya. Warna Mata mesti cemerlang dan ber-expresi

 

Keseimbangan Total point 5

Secara keseluruhan penampilannya terlihat proporsional.

 

Diskualifikasi :

Bila di temukan struktur tulang bermasalah, rahang bawah terlalu maju, mata juling, buntut bengkok, jumlah jari kaki tidak standart, warna rambut yang merupakan hasil hibridisasi seperti Lavender, coklat atau warna color point atau dari abysinian seperti ticked tabby.

 

Harga Ras Kucing Maine Coon di Indonesia.

Show/ Breed quality: Sekitar Rp 10 - 20 juta bergantung pada kualitas kucing, garis darah  atau orang tuanya atau gelar Parentnya, dan reputasi Peternaknya, makin terkenal breder nya  makin mahal.

Pets quality : umumnya dibawah 10 jt, umumnya kualitas sebagai hewan peliharaan jarang ada karena kucing mainecoon merupakan ras asli bukan hasil campuran ras seperti ras Persia yang bervariasi kualitasnya.

 

Daftar Pustaka
  • Text Book of The Cat , Japan. - Gambar Ilustrasi
  • Wikipedia Kucing
  • Ras Kucing Maine Coon

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel