Kucing British Shorthair Cat

Kucing

User Rating: / 6
PoorBest 
Kucing British Shorthair Cat - 4.3 out of 5 based on 6 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Kucing British Shorthair Cat

Kucing British Shorthair | British Blue

Kucing British Shorthair Cat merupakan salah satu ras kucing tertua yang pernah dikenal  manusia. Banyak yang percaya bahwa nenek moyang ras kucing ini berhubungan dengan  bangsa romawi yang dulu pernah menguasai Inggris. Kucing British Shorthair merupakan  keturunan dari kucing yang dibawa kedataran Inggris oleh bangsa Romawi dan melakukan kawin  silang dengan kucing lokal setempat. Kucing hasil kawin silang ini kemudian disilangkan kembali  dengan kucing Persia guna memperoleh bulu yang lebih lebat.

 

 

Kucing British Shorthair adalah salah satu jenis kucing yang sangat populer dan sering di  perlombakan dalam banyak "cat show". Kucing British Shorthair menjadi sangat populer setelah  diakui oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) di Inggris sejak 2001 dan mengalahkan  kepopuleran kucing Persia. CFA mengakui Kucing British Shorthair pada tahun 1980. TICA  merevisi standar kucing ras ini pada tahun 1993. Belakangan ras Kucing British Shorthair mulai  menjadi populer lagi.

 

Pada akhir tahun 1800-an para pehobies kucing di Inggris mulai memperhatikan Kucing British  Shorthair serta mulai menyadari keindahannya. Dikontes kucing pertama di Crystal Palace,  London tahun 1871, kucing kucing jenis ini memperoleh banyak penghargaan. Ditahun 1889  Kucing British Shorthair memperoleh status sebagai ras kucing tersendiri. Ditahun 1907, para  pehobies kucing di Inggris membentuk "British Cat Club". Setelah itu popularitas Kucing  British Shorthair sempat menurun terkalahkan oleh ras persia dan siam sampai pada tahun 2001.

 

Deskripsi Kucing British Shorthair Cat

Secara umum Kucing British Shorthair memiliki ukuran badan yang medium hingga cukup besar  dengan berat berkisar antara 4 - 8 kg. Bentuk badannya kompak, padat, cobby, kuat serta berotot  dengan dada, bahu dan pinggul yang lebar. Kepala Kucing British Shorthair berbentuk bulat  dengan pipi yang tembem dengan pipi penuh, terletak pada leher yang pendek dan tebal. Hidung  pendek, lebar serta lurus tanpa lekukan dan memiliki bentuk dagu bulat. Ukuran tubuh kucing jantan lebih besar daripada kucing betina. Rata rata berat kucing jantan mencapai 5-10 kg,  sedangkan Kucing British Shorthair betina mencapai 5-7 kg.

 

Kucing British Shorthair mempunyai mantel bulu yang padat, mantel mewah yang sering  digambarkan sebagai bulu yang tipis dan “Crisp”. Matanya besar, bulat, lebar dan mempunyai  berbagai variasi warna walaupun warna kuning tembaga atau emas pada “British blue” adalah  yang terbaik yang pernah ada. Rata-rata harapan hidup Kucing British Shorthair mencapai 14  sampai 20 tahun.

 

Kucing British Shorthair memiliki ukuran telinga sedang serta lebar pada bagian bawah dan ujung melengkung, jarak di  antara kedua telinga sedang. Bentuk mata besar dan bulat, warnanya berhubungan dengan  warna bulu yaitu gold, green, copper, blue, atau odd eyes. Memiliki kaki kaki yang pendek,  bentuk cakar membulat, serta ekor yang tidak terlalu berbulu, padat dan tebal tapi indah dan  ujungnya tumpul. Panjang ekor kurang lebih 2/3 dari panjang tubuh, tebal pada bagian pangkal  dan menipis pada ujungnya. Bulunya pendek, padat dan tebal.

 

Varietas  Kucing British Shorthair

Ras Kucing British Shorthair terdiri dari berbagai "Varietas" variasi warna serta corak. Sejak lama, varian  “Blue” lebih popular dibanding dengan varian yang lain. Bahkan varian ini mempunyai namanya  sendiri yaitu “British Blue”. Sampai saat ini warna tersebut tetap menjadi yang paling populer  walaupun saat ini sudah hadir banyak sekali varian lain. Semua warna dibolehkan. TICA  mengizinkan untuk disilangkan dengan Scotish Fold atau Manx. Ras Kucing British Shorthair  lebih disukai sebab sifatnya yang tenang dan setia.

 

Kucing British Shorthair Sebagai Peliharaan

Kucing British Shorthair adalah kucing yang santai, kucing ini sering tidak menurut ketika  dipanggil tapi kucing ini dikenal suka sekali bermain. Kucing British Shorthair suka mainan  seperti tikus tikusan atau mainan berbentuk batangan. Bukan termasuk kucing yang hiperaktif  dan lebih senang tiduran di dekat majikannya dari pada berkumpul dengan kucing lain. kucing ini  cukup aman jika dekat dengan anak-anak serta jarang mencakar. Kucing ini mempunyai karakter  yang stabil dan lebih baik hidup di dalam ruangan. Kucing British Shorthair sangat cocok  dipelihara di apartemen atau di dalam rumah.

 

Daftar Pustaka
  1. CFI
  2. CFA
  3. Wikipedia
  4. Whiskas
  5. British Cat Club
  6. Governing Council of the Cat Fancy (GCCF)
  7. Kucing British Shorthair Cat

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel