Cara Menangani Kutu Kucing Secara Natural

Kucing

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Menangani Kutu Kucing Secara Natural - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Menangani Kutu Kucing Secara Natural

cara menangani tungau pada kucing secara natural
Kucing dan hewan kesayangan lain memiliki hama pengganggu yang sering menyerang mereka. Salah satunya adalah kutu kucing atau orang-orang sering menyebutnya dengan nama tungau. Tungau ini sebetulnya lebih tepat jika kita masukkan dalam keluarga laba-laba dibanding keluarga kutu. Tungau atau kutu kucing ini sangat merepotkan dan menyiksa kucing, kita harus mengetahui cara menangani kutu kucing secara natural.


Kutu kucing ini bisa berkembang biak sangat cepat sekali, tentu saja kucing yang dihinggapi akan sangat merasa tersiksa sekali. Bulu kucing banyak yang rontok, bukan hanya karena kutu ini, tapi juga karena kucing akan menggaruk dan sebagian memakan bulunya (lihat Hairballs Pada Kucing) dimana kulitnya terasa gatal. Selain itu sering juga menyebabkan berbagai penyakit kulit pada kucing.

 

Cara Menangani Kutu Kucing Secara Natural

cara menangani kutu pada kucing secara natural
Kucing yang terserang banyak tungau juga bisa menyebabkan vaksinasi yang harus dilakukan dibatalkan atau diundur. Umumnya baru bisa dilakukan saat kutu kucing sudah berkurang. Itu artinya kucing kesayangan kita akan rentan terkena berbagai macam penyakit, karena vaksinasi adalah perlindungan pertama bagi kucing kita.

Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Mandi Anti Kutu

Bisanya kutu kucing dihilangkan dengan cara memandikan kucing kita dengan shampoo khusus anti kutu. Kita juga bisa membawa kucing kesayangan kita ke petshop yang memiliki layanan mandi kucing. Harganya biasanya cukup lumayan, apalagi jika ternyata harus dimandikan beberapa kali hingga semua tungau hilang. Apalagi jika ternyata shampoo yang kita pakai cukup keras, hingga membuat kucing alergi. Inalah saatnya kita mesti mengatahui cara menangani kutu kucing secara natural.

Cara Menangani Kutu Kucing Secara Natural dengan Minyak Telon

Ada satu cara baru menangani kutu pada kucing, yaitu dengan cara menangani kutu kucing secara natural menggunakan minyak telon. Cara menghilangkan kutu pada kucing ini pertama kali direkomendasikan oleh seorang dokter hewan terkemuka, drh. Sutarman. Msc.

Menurut drh. Sutarman. Msc, kita hanya perlu untuk mengoleskan minyak telon ini ke seluruh tubuh kucing kita (kecuali muka) sebanyak dua kali dalam minggu pertama. Selanjutnya hanya perlu mengoleskan minyak telon sebulan sekali sebagai perawatan serta mencegh kutu datang kembali.

Ketika kucing kita olesi dengan minyak telon, kucing akan merasakan kurang nyaman. Ia merasa kehangatan dan kemudian akan merasa kedinginan sebagai efek dari minyak telon ini. Kucing juga akan merasa geli karena kutu akan berjalan kesana-kemari pada kulit kucing hingga akhirnya mati. Efek ini biasanya dirasakan pada dua kali pengolesan pertama.

Selain itu, kucing juga akan mengalami buang kotoran yang lembek, tidak keras layaknya kucing sehat. Ini terjadi karena minyak telon juga akan menghilangkan racun-racun pada tubuh kucing tersebut. Dengan demikian, ada dua keuntungan sekaligus dalam menangani kutu kucing secara natural menggunakan minyak telon. Yaitu hilangnya tungau atau kutu pada kucing dan ternetralisirnya racun-racun dalam tubuh kucing. Selamat mencoba.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel