Tips Memilih Kelinci Peliharaan

kelinci

User Rating: / 5
PoorBest 
Tips Memilih Kelinci Peliharaan - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Tips Memilih Kelinci Peliharaan

Bayi Kelinci

Untuk memilih bibit kelinci yang baik sebenarnya tidak terlalu sulit, tentu saja anda harus memilih kelinci yang cantik terlebih dulu apapun rasnya. Setelah itu barulah cek kesehatan kelinci yang anda pilih, secara garis besar anda dapat memilih kelinci yang memiliki sifat lincah, aktif, gerakanya energik dan memiliki nafsu makan yang tinggi.

Adapun ciri-cir bibit kelinci peliharaan yang baik adalah sebagai berikut :

1. Kelinci yang baik memiliki ukuran kepala yang sesuai dengan ukuran badannya. Bila tubuh kelinci tersebut agak kecil, maka ukuran kepalanya juga harus kecil. Demikian juga bila ukuran tubuhnya panjang, maka ukuran kepalanya juga harus panjang.

2. Mempunyai mata yang bulat dan bercahaya, mempunyai pandangan yang cerah dan jernih serta selaput mata barsih.

3. Mulut, hidung dan moncongnya dalam keadaan bersih.

4. Tidak mempunyai cacat pada kaki, seperti kaki berbentuk O atau X. Memiliki kaki yang normal dengan ciri kuat, kokoh dan berkuku pendek. Lebih baik lagi bila kelinci yang dipilih memiliki kaki yang lurus dan sempurna.

5. Memiliki kulit yang licin dan tidak ada benjol-benjol.

6. Badannya bulat dan dada lebih lebar, padat dan singset.

7. Memiliki anus yang kering, bersih serta tidak terdapat tanda-tanda bekas kotoran bekas mencret.

8. Ekor yang dimiliki kecil, ekor tumbuh lurus keatas serta menempel ke punggung. Bentuk ekor juga tidak miring atau jatuh ke samping atau terpuntir.

9. Mempunyai bulu yang licin, bersih, mengkilap, halus dan rata.

Setelah anda memastikan kelinci kesayangan yang anda sesuai dengan kriteria di atas, anda bisa segera membawa kelinci incaran anda pulang. Perhatikan pula cara membawa kelinci agar kelinci terhindar dari stress, kelinci juga memiliki fisik yang rentan. Kelinci akan berontak bila kita menopangnya tidak dengan benar atau jika terlepas secara tiba-tiba, tulang belakang kelinci dapat retak. Pastikan kelinci dalam kondisi aman dan nyaman. Kandang dari jeruji besi bisa anda gunakan untuk membawa kelinci, anda juga dapat membawanya dalam box plastik khusus yang dibawahnya dilapisi koran dan pastikan lubang udara tersedia dengan baik.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel