Home Ikan Hias Ikan KOI Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Membuat Filter Kolam Ikan Koi

User Rating: / 29
PoorBest 
Membuat Filter Kolam Ikan Koi - 4.5 out of 5 based on 29 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

ikan koi
Written by Pencinta Hewan   

Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Membuat Filter Kolam Ikan Koi

Filter kolam ikan koi disini berguna untuk menyaring kebersihan air dari sisa-sisa makanan ikan koi dan sisa-sisa kotoran. Filter dapat di buat dengan menggabungkan filter biologis, filter kimia dan filter fisik yang dipasang di dalam kolam. Filter ini dapat dibuat dalam 4 lapisan yang berbeda dari bahan yang berbeda pula.

Berikut cara membuat filter kolam ikan koi

 

1. Filter lapisan pertama.

Lapisan pertama bisa dibuat atas kerikil, pasir dan injuk yang berfungsi untuk menyaring sampah dan lumpur yang mengotori kolam.

2. Filter lapisan kedua.

Lapisan kedua dapat dibuat dari karbon zeolit yang berfungsi guna menghilagkan racun, bau tidak sedap hingga membunuh bibit penyakit.

3. Filter lapisan ketiga.

Lapisan ketiga berupa pestisida yang tidak berbahaya bagi ikan koi itu sendiri dan tidak mematikan bakteri pengurai yang berperan dalam proses penjernihan air kolam.

4. Filter lapisan keempat.

Lapisan keempat dapat berupa tanaman atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran dan sisa-sisa makanan.

 

Kolam ikan koi biasanya dibuat secara tertutup. Sirkulasi air kolam tertutup dapat didukung peralatan pompa yang berkekuatan 25 liter/menit. Keuntungan memasang pompa adalah anda tidak perlu membersihkan kolam secara total, cukup dengan hanya membersihkan filter-filter didalam kolam. Setiap 2 minggu sekali, gantilah air kolam menggunakan air baru yang telah di filter. Perhatikan ketinggian air kolam, air kolam biasanya akan berkurang tiap hari karena proses penguapan. Buatlah batas ketinggian air yang sesuai, segera tambahi air kolam ikan koi bila ketinggian air kurang dari yang telah ditetapkan.

 

Sumber Refferensi

epetani.deptan.go.id
Tips tampil cantik dan sehat, 10 hewan peliharaan paling digemari: Tuti Sitanggang


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla