Home Ikan Hias Ikan KOI Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

User Rating: / 10
PoorBest 
Cara Membuat Kolam Ikan Koi - 4.5 out of 5 based on 10 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

ikan koi
Written by Pencinta Hewan   

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

Cara Membuat Kolam Ikan Koi,kolam ikan koi,ikan koi,ikan koi,membuat akuarium ikan koi

Ikan Koi menyukai tempat yang relatif luas dan dengan suplai oksigen yang mencukupi. Biasanya orang akan lebih menyukai membuat kolam ikan koi di bandingkan dengan membuat akuarium ikan koi. Suplai dan kualitas air sangat penting untuk dijaga. Pastikan filter kolam ikan koi tersedia didalam kolam dan bekerja dengan baik, pastikan pula sistem pembuangan kotoran tersedia. Filter kolam ikan koi dan saluran pembuangan ini sangat berguna untuk menjaga kebersihan kolam. Setiap minggu kolam mesti di bersihkan dari lumut dan 4 minggu sekali air kolam mesti di ganti dengan air baru yang telah di treatment (diendapkan beberapa hari).

 

 

 

Cara Membuat Kolam Ikan Koi

1. Tentukan terlebih dahulu ukuran kolam dan lokasi tempat kolam akan dibuat, perhatikan pula perkiraan ikan koi yang akan hidup agar nantinya sesuai dengan ukuran kolam ikan koi. Tempat lokasi untuk kolam ikan kopi sebaiknya terhindar dari sinar matahari langsung. Galilah tanah sesuai dengan kolam ukuran kolam yang diinginkan, pastikan mempunyai kedalaman yang cukup untuk ikan koi(lebih dari 60 cm).

2. Lapisi lubang kolam dengan pond liner, pond liner harus dilebihi kira kira 30 cm keluar dari lubang kolam ikan koi. Pond liner bertujuan untuk mencegah kebocoran pada kolam ikan koi, lapisi pond liner menggunakan batu batuan atau bisa juga dengan bau buatan dari semen dan rumpon. Ratakan pond liner serapi mungkin, hati hati saat berjalan diatasnya. Jangan sampai merusak pond liner.

3. Buatlah lubang di tempat masuknya air guna memasang filter sebelum air masuk kolam. Filter ini berguna untuk mencegah kotoran masuk dalam kolam dan memastikan air tetap bersih.

4. Masukan air bersih yang telah di treatment kedalam kolam. Setelah itu tambahkan aerasi guna meningkatkan kandungan oksigen didalam air atau bisa juga menggunakan pompa air yang disesuaikan dengan besar kolam. biarkan dulu beberapa hari sebelum ikan koi dapat dimasukan guna menstabilkan kualitas air.

5. Sebelum memasukkan ikan koi kedalam kolam, cek ulang kolam tersebut guna memastikan tidak terjadinya kebocoran dengan memperhatikan tinggi rendahnya air. Tes dahulu kelayakan kolam dengan memasukan ikan mas guna menguji kualitas air kolam dan memastikan tidak beresiko terhadap ikan koi peliharaan anda nantinya. Jika dalam 24 jam ikan mas dapat hidup dengan normal, berarti kolam sudah siap diisi dengan ikan koi.

Pastikan cara membuat kolam ikan koi diatas diperhatikan agar ikan koi peliharaan anda betah tinggal di kolam ikan koi buatan anda.

 

Sumber Refferensi
Wikipedia.org
epetani.deptan.go.id
Tips tampil cantik dan sehat, 10 hewan peliharaan paling digemari: Tuti Sitanggang


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla