Home Ikan Hias Ikan Arwana Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium

Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium

User Rating: / 5
PoorBest 
Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium - 4.2 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

ikan arwana
Written by Pencinta Hewan   

Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium

ikan arwana - super red arowana - arwana asia

Ikan Arwana Asia (Scleropages formosus), atau biasa juga di kenal dengan nama Siluk Merah merupakan salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan arwana memiliki badan yang panjang, sirip ekor terletak jauh di bagian belakang badan. Ikan Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Ikan Arwana Asia sering disebut juga "Ikan Naga" sebab sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.

 

 

 

Walaupun ikan arwana mempunyai habitat asal di sungai Papua, tapi ikan arwana juga dapat hidup dengan baik di akuarium. Walaupun begitu, akuarium yang dipakai untuk memelihara ikan arwana dalam akuarium harus yang sesuai dengan dibutuhkan oleh Ikan Arwana.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam Memelihara Ikan Arwana Dalam Akuarium

1. Akuarium ikan arwana yang ideal berukuran sekitar 80X40 centimeter untuk satu ekor Ikan Arwana.

2. Akuarium ikan arwana harus di lengkap dengan lampu TL atau neon, lampu TL yang ideal untuk ukuran akuarium Ikan Arwana ukuran 80X40 centimeter berdaya 20 watt. Penempatan Lampu TL memang dapat mempercantik penampilan akuariun Ikan Arwana, namun harus di perhatikan juga agar jangan sampai lampu TL yang kita pasang melibihi kebutuhan. Lampu TL dapat memberikan hawa panas melebihi yang dibutuhkan, karenanya jangan menempatkan lampu TL diatas daya tersebut.

3. Penempatan Aerator atau pompa udara guna menyuplai udara kedalam air akuarium dan juga sekaligus menguapkan atau mendorong sisa-sisa hasil pernapasan keluar dari akuarium harus tersedia didalam akuarium. Aerator dikatakan bagus bila udara yang ditiupkan relatif banyak dan juga arus listrik yang menggerakannya kecil.

4. Tersedia Heater atau alat pemanas yang di perlukan terutama saat suhu air akuarium turun drastis secara tiba-tiba di karenakan perubahan cuaca diluar dalam keadaan hujan misalnya.

5. Tersedia filter atau penyaring air dalam akuarium ikan arwana. Filter ini berfingsi untuk menyedot air akuarium yang kotor oleh sisa makanan dan kotoran dan mengembalikannya kembali kedalam akuarium dalam keadaan bersih.

6. Tempatkan Thermometer guna mengontrol suhu air dalam akuarium ikan arwana. Saat ini sudah banyak tersedia thermometer yang disertai alarm pada suhu tertentu, sebaiknya pakailah thermometer jenis ini agar anda tahu saat air bersuhu terlalu panas atau terlalu dingin sehingga anda dapat segera mengambil tindakan.

7. Rajin rajinlah dalam merawat akuarium ikan arwana. Dengan perawatan yang baik, maka penampilan arwana dalam akuarium akan nampak lebih sehat, segar dan juga menyenangkan.

 

Sumber Refferensi
epetani deptan RI
Wikipedia
101 tips memelihara hewan peliharaan. B.H.Wijaya
Ikan Hias


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla