Ciri-ciri Arowana Golden Red

ikan arwana

User Rating: / 12
PoorBest 
Ciri-ciri Arowana Golden Red - 4.7 out of 5 based on 12 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ciri-ciri Arowana Golden Red

Ciri-ciri Arowana Golden Red

Arowana Golden Red – Arwana Golden Red (familia Osteoglossidae) atau biasa kita kenal dengan nama ikan arwana ini tersebar di berbagai penjuru dunia. Populasi alaminya berada di benua Afrika, Asia Tenggara, Australia sampai Amerika Selatan. Ciri-ciri Arowana Golden Red memiliki bentuk tubuh yang khas, berkesan gagah serta sedikit angkuh, dilengkapi dengan sungut pada mulutnya dengan sisik yang besar dengan susunannya yang harmonis, membuat keindahan dari ikan Arwana Golden Red sangat menonjol. Ikan Arowana berenang dengan tenang hingga bila kita letakkan dalam akuarium akan membuatnya benar-benar terlihat sebagai ikan yang anggun.


Ikan Arwana memiliki banyak species, diantaranya : Arowana Asia (Scleropages formosus), Arowana Silver (Osteoglossum bicirrhosum), Arowana Irian (Scleropages jardinii), Arowana Australia (Scleropages leichardti),  Arowana Hitam (Osteoglossum ferreirai)

Saat ini kita akan membahas ikan arwana golden red, untuk ikan arowana golden red ini merupakan ikan Arwana Asia (Indonesian Golden Arwana). Varietas ikan arwana golden red dapat dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Berbeda dengan Ikan Arwana Cross Back Golden (CBG). Warna emas pada verietas ikan arwana golden red tidak akan berubah hingga melewati punggung, tapi hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut) atau beberpa bisa mencapai baris ke lima.

 

Ciri-ciri Arowana Golden Red

Sama halnya dengan jenis Arwana Cross Back Golden (CBG), warna dasar sisik ikan arwana golden red dapat berwarna biru, hijau, atau emas. Begitu juga dengan warna bibir, ekor, dan sirip, kedua varietas ini mempunyai penampilan yang amat mirip. Arwana Golden Red muda mempunyai warna yang lebih kusam dibandingkan dengan Varietas Arowana Cross Back muda.

Arwana Golden Red mempunyai daya tahan yang lebih kuat dibandingkan dengan ikan Arwana Cross Back Golden (CBG) dan dapat tumbuh lebih besar, dan juga lebih agresif. Populasinya terbilang lebih banyak dibandingkan dengan ikan arwana cross back golden, namun begitu Ikan ini tetap merupakan varietas yang dilindungi CITES.

Ikan Arwana cross back golden bila dilihat secara fisik hampir serupa dengan ikan arwana golden red yang berasal dari negara indonesia. Perbedaan yang amat terlihat baru bisa dilihat jika ukuran ikan sudah mencapai 20 cm atau lebih. Pada Ikan arowana cross back golden, warna emas menutupi seluruh tubuh hngga ke bagian punggung ikan dan ditutupi oleh ring yg berwarna keemasan. Sedangkan pada ikan Arowana Golden Red punggungnya tidak berwarna keemasan, namun tetap hitam (kelabu).

Untuk mengenali ciri ciri ikan arwana cross back golden dan ciri ciri arwana golden red pada ukuran kecil (10-12 cm) sangat sulit dilakukan dan perlu kehati-hatian. Perbedaan harga juga sangat mencolok. Harga ikan arowana cross back golden ukuran 12 cm dihargai lebih dari Rp 10 juta, ukuran 20-25 cm berkisar  Rp 15-25 juta. Sedangkan Ikan Arowana Golden red berukuran 12 cm 'cuma' dihargai sekitar Rp 2 juta dan untuk  ukuran 20-25 cm dihargai dengan harga  Rp 2.5-3.5 juta. Walau begitu, dalam jual beli ikan arwana berlaku harga relatif di mana kwalitas akan menentukan harga jual ikan arwana.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel