Cara Merawat Aquarium Ikan Arwana

ikan arwana

User Rating: / 5
PoorBest 
Cara Merawat Aquarium Ikan Arwana - 5.0 out of 5 based on 5 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Aquarium Ikan Arwana

Cara Merawat Aquarium Ikan Arwana
Ikan arwana adalah ikan yang harus di rawat secara khusus, semuanya harus di perhatikan mulai dari akuarium hingga makanan arwana. Untuk itu kita harus mengetahui cara merawat aquarium ikan arwana, sehingga ikan arwana yang tinggal di dalamnya bisa hidup dengan sehat sesuai dengan keinginan kita.

 

Cara Merawat Aquarium Ikan Arwana

Yang pertama kita mesti memperhatikan dalam memelihara ikan arwana dalam akuarium adalah peralatan aquarium ikan arwana kita. Beberapa peralatan yang harus tersedia seperti:

  • Aerator. Fungsinya menyuplai udara ke dalam air akuarium
  • Heater dan Thermometer. Fungsinya Alat Pemanas / Suhu
  • Filter. Fungsi filter atau penyaring untuk menyaring air dalam akuarium
  • Lampu TL. Fungsinya menyinari Arwana dan memperindah warna

Rajin melakukan perawatan akuarium

Mengontrol dan mengganti air secara teratur.
Air akuarium harus diganti secara teratur. Untuk pergantian air dibagi menjadi dua, yakni:
(a) Penggantian air secara reguler setiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari seluruh volume air akuarium.
(b) Penggantian air secara total dilakukan setiap 3 bulan sekali. Jika kita menggunakan air pam, air pam mesti dibiarkan terlebih dahulu selama 24 jam agar kandungan khlor mengendap, sesudah itu baru bisa dimasukkan ke dalam akuarium.
Mengontrol suhu dan ph air setiap hari.
Suhu air yang ideal bagi ikan arwana adalah sekitar 25-27 derajat celcius. Jika suhu air dingin, segera nyalakan heater hingga suhu air sesuai dengan kebutuhan. Ph yang ideal sekitar 6-8,5. Jika ph terlalu rendah, segera tambahkan kapur ke dalam akuarium. selain itu, sanitasi air perlu diperhatikan pula, silakan mengobati air akuarium déngan malachite green, déngan frekuensi 3 minggu sekali.

Penataan interior akuarium
kehidupan di dalam akuarium merupkan replika lingkungan hidup di alam bebas. Karenanya perlu penataan interior didalam akuarium, kita bis memadukan apresiasi estetika sesuai dengan keinginan kita. Hingga tercipta perpaduan antara keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana dan sanggup menampilkan nuansa kesejukan yang harmonis.

Tanaman air
Ikan arwana sangat senang bersembunyi dibawah tanaman air saat hidup di alam bebas. Beberapa jenis tanaman air yang bisa dipilih antara lain: vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica, dan sebagainya.

Pasir dan batuan
Pasir digunakan sebagai landasan peletakan batuan. Pasir yang digunakan sebaiknya menggunakan pasir sungai yang masih bercampur dengan humus. Diatas pasir diletakan batuan dan juga karang-karangan. ukuran batu yang idéal berdiameter sekitar 3 mm. Batuan yang dipakai dicari yang mempunyai berbagai corak dan warna yang beragam namun tetap indah.

Semoga artikel singkat  cara merawat aquarium ikan arwana ini bisa membantu para pehobies ikan arwana.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel