Iguana

iguana

User Rating: / 4
PoorBest 
Iguana - 5.0 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Iguana

Iguana Hijau

Iguana adalah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Di Indonesia iguana mulai di kenal sekitar tahun 1995 dan sempat menjadi booming hingga tahun 2000an. Berkembangnya hobi memelihara reptil, membuat iguana menjadi salah satu alternatif pecinta reptil herbivora. Hal ini membuat banyak bermunculannya komunitas iguana di Indonesia. Salah satu komunitas yang berkembang pesat adalah Komunitas Pecinta Iguana, sebuah komunitas Pecinta Iguana yang terlahir pada Februari 2011.

 

 

Iguana adalah sejenis kadal yang hidup di daerah tropis di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Pertama kali mereka dikenalkan oleh seorang naturalis warga negara Austria Josephus Nicolaus Laurenti ditahun 1768. Ada 2 spesies yang berbeda dari iguana ini yaitu iguana hijau dan iguana Antilles Kecil.

Kedua spesies iguana ini memiliki lipatan kulit di bawah rahang, sekumpulan kulit yang mengeras yang berderet di punggungnya sampai bagian ekor, dan "mata ketiga" di kepalanya. Mata ini disebut sebagai mata parietal, yang mirip seperti tonggak di atas kepalanya. Pada belakang lehernya terdapat sisik kecil yang menyerupai paku panjang, serta sering disebut tuberculate scale. Iguana juga mempunyai sisik besar bundar di bagian pipinya yang disebut sebagai selubung subtimpani.

 

Iguana mempunyai penglihatan yang bagus dan bisa melihat bentuk, bayangan, warna, serta gerakan pada jarak yang jauh. Iguana menggunakan matanya guna mengarahkannya mengarungi hutan lebat dan  untuk menemukan makanan. Iguana juga menggunakan matanya guna berkomunikasi dengan anggota spesies yang sama.

 

Iguana merespon rangsangan visual berupa warna seperti jingga, kuning, merah muda, dan biru yang terdapat pada substansi makanan mereka. Iguana memiliki telinga yang  disebut timpanum, timpanum ini merupakan gendang telinga iguana serta berada di kanan atas selubung subtimpani dan di mata bagian belakang. timpanum merupakan bagian tubuh iguana yang sengat tipis serta lembut, dan sangat penting bagi pendengarannya.

 

Keberadaan iguana sering kali sulit di ketahui di sebabkan kemampuan iguana guna menyatu dengan lingkungannya. Warna hijau alaminya sangat membantu dalam menyembunyikan dirinya dari predator

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel