Cara Memberi Makan Iguana

iguana

User Rating: / 13
PoorBest 
Cara Memberi Makan Iguana - 5.0 out of 5 based on 13 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memberi Makan Iguana

Cara Memberi Makan Iguana

Iguana secara ilmiah adalah hewan herbivora yang memakan tanaman, jadi tanaman yang berdaun hijau harusnya menjadi menu utamanya. Meskipun beberapa orang masih menganjurkan memberi makan iguana dengan serangga atau makanan yang mengandung protein hewani, di habitatnya iguana adalah hewan pemakan tumbuhan dan meskipun di beberapa kesempatan di temui sedang memakan serangga itu bukanlah makanan utama iguana. Cara memberi makan iguana yang tepat mesti kita perhatikan.

 

 

Walaupun iguana adalah pemakan tumbuhan, tapi tidak semua jenis tumbuhan di sukai dan bisa di makan oleh iguana. Ada beberapa jenis makanan yang mesti kita berikan secara teratur untuk ibuana, makanan yang perlu diberikan hanya sesekali saja dan makanan yang sama sekali dilarang untuk diberikan pada iguana.

Cara memelihara iguana

Makanan yang sebaiknya di berikan pada iguana mesti kita kombinasikan setiap harinya, jangan hanya terpaku pada satu jenis saja. makanan yang cocok bagi iguana meliputi kacang hijau, ketela, lobak hijau, selada air, pisang, Buah Blackberry, sayuran kuning seperti labu atau wortel dan masih banyak lagi. Namun yang pasti, gizi yang terkandung pada makanan iguana mesti merupakan kombinasi dari beberapa elemen nutrisi. Komposisi ini bisa dijadikan contoh dalam memberikan makanan yang dikombinasikan bagi iguana.

  • 10% buah-buahan
  • 40% sayuran
  • 45% produk tumbuhan seperti kacang hijau atau labu
  • 5% protein tambahan, dan makanan lain

 

Ada juga makanan yang hanya perlu diberikan sesekali saja. Jenis makanan ini meliputi bayam, seledri, brokoli, dan tahu. Sedangkan makanan yang sama sekali tidak boleh diberikan pada iguana merupakan produk hewani meliputi daging, cacing, serangga, susu dan telur. Jangan juga memberikan iguana makanan anjing dan kucing instan, produk makanan kucing dan anjing instan bisa di berikan hanya jika telah di pastikan tidak mengandung protein hewani. Ini dikarenakan iguana adalah hewan herbivora, walaupun mungkin iguana tidak akan menolak bila kita beri makanan berprotein hewani di atas.

 

Ahli dan dokter hewan merekomendasikan supaya hewan peliharaan iguana kita lebih banyak diberi makanan sayuran dibanding protein hewani atau serangga. Hal ini pada akhirnya akan memberikan kesehatan fisik yang lebih baik. Jangan pernah juga memberikan iguana makanan dengan sisa sayuran sebab ini bisa menimbulkan gangguan dalam sistem pencernaannya. Ini bisa mengakibatkan penyakit dan bahkan kematian.

 

Iguana juga memerlukan air, jadi pastikan air minum tersedia dalam kandang iguana. Saat minum, iguana biasanya mencelupkan kepala mereka kedalam air. Oleh karena itu pastikan air yang tersedia cukup dan juga bersih serta layak minum, gunakan tempat air minum yang cukup besar dan tinggi agar bisa menampung cukup banyak air dan iguana bisa mencelupkan kepalanya. Iguana juga sering menjilati air dari tetesan kecil dari tanaman, iguana juga memperoleh sumber air dari sayuran dan buah yang mereka makan. Tempat makan dan minum iguana harus terbuat dari bahan yang aman seperti keramik, plastik food grade atau kaca dan tidak boleh mempunyai pinggiran yang tajam atau runcing serta harus kokoh.

 

Jangan pernah memberikan iguana makan dalam jumlah besar saat sebelum waktu tidur, berikan iguana makanan di pagi hari hingga bisa memberinya waktu mencerna sebelum saat tidur. Disamping itu, memberikan makanan di pagi hari juga memberikan iguana kita lingkungan yang tepat guna mencerna makanan dengan benar. Anda bisa memberi iguana makan saat pagi hari, siang dan sore hari.

 

Jumlah makanan yang di berikan pada iguana tergantung dari ukuran dan nafsu makan iguana sendiri, berikan iguana makan selama dia mau. Tehnik memberikan makan semacam ini cocok bila anda ingin iguana cepat besar, namun tetap harus perhatikan hal di atas. Perhatikan pencahayaan dan sinar matahari yang tepat bagi iguana, iguana biasa mendapat kalsium dari sinar matahari untuk membantu mencerna makanan dan pertumbuhan tulang serta kulit iguana.

 

Jika kita ingin iguana milik kita selalu sehat serta dapat bertahan hidup dengan lebih lama, berikan mereka jumlah makanan yang tepat dan jenis makanan yang tepat. Cara merawat iguana yang tepat membuat Iguana kesayangan bisa tumbuh dengan sehat adalah harapan kita semua.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel