Hamster

Hamster

User Rating: / 1
PoorBest 
Hamster - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

 

Hamster

Hamster Roborovski

Hamster merupakan hewan jenis hewan pengerat, terdapat beberapa jenis hamster di dunia serta di setiap negara hampir selalu ada. Bentuk hamster yang kecil dan imut membuat hamster gampang untuk dibawah kemanapun karena tidak membutuhkan kandang yang besar untuk memeliharanya. Hamster dimasukan dalam subfamili cricetinae. Subfamili ini terbagi kedalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan kedalam enam atau tujuh genus.

 

 

Hamster mempunyai bentuk tubuh yang gemuk, ekor biasanya lebih pendek di banding badannya serta mempunyai telinga yang berbulu, kaki yang lebar, pendek dan pendek gemuk. Hamster biasa juga di panggil marmut. Hamster mempunyai bulu yang tebal serta panjang, serta bulunya mempunyai berbagai warna bergantung spesies hamster itu, contohnya hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning serta merah. Dibagian bawah hamster  memiliki warna putih hingga abu-abu serta hitam. Pada Hamster Dzhungaria atau dikalangan hobiis dikenal sebagai Hamster Winter White (Phodopus sungorus) serta hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis) mempunyai garis hitam di bagian tengah bawah punggung. Hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus) merupakan hamster terkecil, dengan panjang badan 5 cm hingga 10 cm (sekitar 2 hingga 4 inci) , sedangkan hamster Eropa (Cricetus cricetus) merupakan hamster terbesar, dengan panjang tubuh lebih dari 34 cm tidak termasuk ekor pendek yang mempunyai panjang 6 cm.

 

Habitat Hamster

Hamster mempunyai habitat di utara terletak dari Eropa tengah hingga Siberia, Mongolia, dan Tiongkok utara hingga Korea. Habitat hamster di selatan terbentang dari Suriah hingga Pakistan. Hamster hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang tumbuhi pohon, perbukitan di kaki gunung serta dataran rendah yang bersemak-semak serta berbatu, sungai sungai di lembah, juga padang rumput yang luas, beberapa hamster tinggal di ladang tanam. Sebaran geografi menjelaskan kelompok spesies hamster, contohnya hamster eropa ditemukan di Eropa tengah serta Siberia barat dan Tiongkok barat laut, sedangkan hamster siria atau biasa disebut juga sebagai hamster golden atau hamster emas hanya erdapat di kota kecil di barat laut Suriah.

 

Makanan Hamster

Hamster termasuk hewan omnivora. Makanan hamster utamanya butir gandum, padi, tetapi juga bisa buah segar, akar, bagian hijau tumbuhan, invertebrata serta beberapa hewan kecil lainnya seperti serangga. Hamster dapat membawa makanan mereka di pipi dimana di dalamnya terdapat kantung untuk dimasukan kedalam lubang makanan mereka. Tapi, tidak seluruh makanan cocok bagi hamster. Dedaunan  beracun dari tomat,daun seleri, bawang putih adalah makanan yang paling berbahaya bagi kesehatan hamster. Selain itu, Mentimun dan strus juga tidak aman. Mentimun dapat menyebabkan masalah pada hati dan memiliki sedikit nutrisi, sedangkan sitrus rasanya kurang di sukai oleh hamster walau aman di berikan pada hamster. Hamster yang mempunyai penyakit diabetes tidak boleh diberi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi, seperti buah. Makanan hamster dibagi menjadi 3 kategori yaitu kering, segar, dan makanan hewan. Makanan terbaik adalah biji bijian segar, makanan instan hanya di berikan sebagai makanan tambahan karena biasanya mengandung pengawet yang kurang baik bagi hamster. Makanan yang mengandung garam bisa menyebabkan kerontokan pada bulu hamster. Makanan hamster sangat perlu di perhatikan pada cara memelihara hamster sebagai hewan kesayangan.

 

Pola Hidup Hamster

Hamster termasuk hewan Nokturnal dan bersifat diam walau juga bisa dibilang krepuskular dan mereka kadang-kadang aktif di awal pagi hari atau di akhir sore. Hamster merupakan penggali yang baik, membuat lubang dengan pintu masuk satu atau lebih serta dengan lorong yang terhubung dengan kamar mereka untuk sarang, gudang makanan serta aktivitas lainnya. hamster tidak berhibernasi selama musim dingin, tetapi beberapa pengalaman periode torpor terjadi selama beberapa hari hingga beberapa bulan.

 

Umur Hamster

Hamster Suriah memiliki umur tidak lebih dari 3 tahun bila dipelihara, atau hidup lebih pendek dari 3 tahun bila hidup di alam bebas. hamster winter white hidup sekitar 1.5 hingga 2 tahun bila dipelihara, dan hamster Cina 2.5 hingga 3 tahun. hamster roborovskii yang lebih kecil bisa hidup 3 hingga 3.5 tahun bila dipelihara. Baik hamster suriah maupun hamster jenis lain bisa memulai reproduksi saat berumur 4 - 5 minggu. Hamster cina bisa melakukan reproduksi saat berumur 2 - 3 bulan, sedangkan hamster roborvski di umur 3-4 bulan.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel