Puyuh Gonggong Sumatera

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Puyuh Gonggong Sumatera - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Puyuh Gonggong Sumatera


Puyuh Gonggong Sumatera


Puyuh Gonggong Sumatera mempunyai ukuran sedang (± 30 cm), berwarna coklat, dan kepala berwarna belang.


Mahkota serta sisi kepala hitam dengan bintik-bintik putih kecil, tenggorokan putih dengan bintik-bintik hitam. Luasan warna putih dikepala sangat bervariasi, semakin ke utara biasanya akan semakin putih.

Pada bagian atas coklat, bergaris melintang hitam sempit. Juga didapat bercak besar hitam pada sayap, warna dada coklat pucat dengan bintik-bintik putih kecil, di perut berwarna abu-abu berbintik hitam. Iris coklat, paruh merah, kulit lingkar mata merah, kaki merah. Siulan keras bersama 'kioow´ dengan nada meninggi.

Puyuh Gonggong mempunyai kebiasaan yaitu pemalu dan juga tinggal di atas tanah dalam kelompok yang kecil. Sangat menyukai parit berlumut dan juga tumbuhan bawah yang rapat seperti  dipunggung bukit.

Burung puyuh gonggong biasa terlihat di bukit barisan, Sumatera, di hutan pegunungan antara ketinggian 900-2500 m.3. Sempidan Aceh Sumatera.

 

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Classis : Aves
Ordo : Galliformes
Familia : Phasianidae
Genus : Arborophila
Species : Arbhorophila rubrirostris

Puyuh Gonggong Sumatera


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel