Panduan Beternak Burung Kenari

Burung

User Rating: / 1
PoorBest 
Panduan Beternak Burung Kenari - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.


Panduan Beternak Burung Kenari

Panduan Beternak Burung Kenari

Hewankesayangan.com - Untuk berternak burung kenari sebetulnya tidak terlalu sulit. Burung kenari sudah bisa diternakan di dalam kandang kecil. Selain itu, burung kenari betina dewasa sangat produktif dalam bertelur, dalam sekali periode bertelur bisa menghasilkan 5 butir telur. Sangat sayang jika kita tidak ikut membiakan burung kenari kesayangan kita. Karena berternak burung kenari bukan hanya  hak eklusif breeder canary bird besar saja.

 

 

Panduan Beternak Burung Kenari

Untuk berternak atau membiakkan burung kenari kita, kita perlu menyiapkan beberapa hal. Berikut ringkasan panduan berternak burung kenari.

Siapkan Fasilitas
Fasilitas yang harus disediakan untuk berternak burung kenari adalah kandang perkawinan, didalam kandang ini kita lengkapi dengan area makan dan minum, dua tenggaran, kotak sarang yang di beri jerami kering atau potongan kertas.

Tentukan Indukan
Untuk calon indukan burung kenari di tentukan yang sudah dewasa. Usia ideal burung kenari yang siap kawin adalah 8 bulan sampai 3 th. Perbedaan burung kenari jantan dengan betina mudah dikenali. Burung kenari jantan biasanya berpostur lebih kecil dan ramping dibandingkan kenari betina. Pada paruh kenari jantan lebih tidak tebal, namun kenari betina agak kurang tipis sedikit. Dari sisi kicauan, burung kenari jantan berkicau lebih keras dan variatif serta berbeda dengan burung kenari betina yang monoton.

Penjodohan
Perjodohan bisa dilakukan dengan mendekatkan kandang kenari betina dengan kenari jantan, agar keduanya bisa sama-sama melihat dan berhubungan. Jika memang jodoh biasanya keduanya akan sama-sama mendekat dan berhubungan. Ketika keduanya sudah akur dan dianggap berjodoh. Kemudian kita masukan dalam kandang perkawinan yang sebelumnya sudah kita sediakan. Biarkan selama 2 - 5 hari dalam kandang perkawinan. Periksa dengan seksama apakah indukan jantan dan betina telah akrab dan kawin. Jika sudah terjadi perkawinan, biasanya indukan kenari betina akan mengatur sarang bertelur dengan cara mencabik-cabik kertas atau serabut yang kita sediakan.

Merawat Telur
Saat indukan kenari betina bertelur bisa menghasilkan 3 sampai 5 butir telur. Biasanya mengerami telur dilakukan oleh betina dan jantan. Sebaiknya ketika proses mengerami, pakan dan minuman dalam kandang selalu terjaga. Telur burung kenari biasanya akan mulai menetas dalam usia 2 minggu, umumnya tidak menetas seluruhnya. Anakan burung kenari selama 1 bulan harus diasuh oleh induknya, Induk kenari betina akan senantiasa meloloh makanannya pada anak-anaknya. Setelah anak-anak kenari berusia 1 bulan, baru bisa dipisahkan dari indukan dan kita masukan dalam kandang pembesaran.

Semoga semua pencinta burung kenari bisa melakukan berternak kenari, sehingga kenari-kenarinya memiliki keturunan yang bagus. Baca juga semua tentang burung kenari.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel