Mencegah keracunan pada Burung Lovebird

Burung

User Rating: / 1
PoorBest 
Mencegah keracunan pada Burung Lovebird - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Mencegah keracunan pada Burung Lovebird

Burung Lovebird
Banyak terjadi kasus keracunan pada burung Lovebird maupun burung berkicau lain, keracunan biasanya terjadi karena masuknya logam kedalam burung lovebird tersebut. locebird termasuk burung yang suka menggigit kandangnya, untuk itu biasanya kandang lovebird dibuat dari bahan dasar logam. Pemilihan logam yang salah dapat berakibat Vatal bagi lovebird kita, karena logam tersebut dapat meracuni lovebird.

Kandang burung Lovebird


Kandang lovebird bisa di buat bulat ataupun kotak. Bagi sangkar bulat, diameter ideal antara 30-40 cm. Sedangkan untuk kandang lovebird kotak ukuran ideal adalah 25 x 35 x 40 cm. Kandang diberi tangkringan berdiameter 1 cm dari kayu kasar namun tidak runcing, seperti kayu asam misalnya. Tangkringan dari kayu ini akan sering diganti, sebab burung lovebird suka mengigit-gigit tangkringan. Namun pastkan logam yang dipilih untuk membuat kandang, tempat makan minum dll tidak beracun

 

Logam beracun bagi burung lovebird


Berikut ini adalah logam yang berbahaya dan tidak berbahaya bagi burung termasuk burung lovebird yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sangkar, tempat makan dan minum dan sebagainya:

Timah
Timah sangat beracun untuk burung. Beberapa barang yang mengandung timah ini antara lain adalah tutup kaleng, bandul pancing, pemberat korden, koil tutup sampanye, timah pateri, koil soldir, lempengan dalam batu baterai, sejumlah mainan anak dan lain sebagainya.

Kuningan
Kuningan adalah logam campuran antara tembaga dan seng. Kedua logam ini berpotensi racun bagi burung. Bila kuningan terdapat pada sangkar burung-burung kecil, ini mungkin  tidak menjadi masalah sebab mereka tidak mungkin dapat mematuki logam itu hingga mengelupas. Namun bagi burung berparuh kuat, seperti lovebird, nuri, betet dan sebagainya, Kuningan dapat mereka gerogoti. Maka hindarkan kuningan dari mereka. Banyak breeder melaporkan adanya burung makau yang hampir mati karena keracunan seng. Pasalnya dia mengunyah-ngunyah tiga gerendel kuningan dan juga menggerogoti kandang kawat krom (krom juga mengandung seng).

Tembaga
Tembaga juga berpotensi meracuni burung meskipun kadar racun dari tembaga sangat sedikit. Makanan yang mengandung asam yang disimpan dalam wadah tembaga dapat juga terkontaminasi tembaga. Demikian juga saluran atau tepat air yang terbuat dari tembaga, berpotensi mencemari air yang mengalir atau berada di dalamnya. Jika mau memakai tempat tembaga untuk burung, sebaiknya masukkan air ke dalamnya tidak dalam kondisi panas. Tuangkan bila air sudah dingin, baru diberikan ke burung. Dan bukan didinginkan di dalam wadah tersebut.

Seng

Seng memiliki racun yang kuat bagi burung. Termasuk di sini adalah kandang burung atau ram yang terbuat dari galvanil, klip atau steples, kunci-kunci mainan anak, paku, pipa ledeng, krom, beberapa cat anti karat, dan beberapa wadah shampo atau wadah kosmetika. pastikan bahan seng tidak dipakai pada sangkar burung lovebird.


Logam Yang Aman

Kawat (yang non-galvanil), baja dan besi (yang tidak dilapisi cat anti karat) tidak beracun untuk burung. Oleh karena itu logam ini aman digunakan sebagai bahan dasar sangkar burung lovebird.

Membuat kandang lovebird adalah hal yang sangat penting, sebab di dalamnya lovebird akan hidup dalam waktu yang lama. Selamat memelihara burung lovebird.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel