Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok

Burung

User Rating: / 7
PoorBest 
Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok - 3.9 out of 5 based on 7 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok

Burung paruh bengkok memiliki kebutuhan makanan dan minuman yang khusus. Meskipun ukuran tubuh burung paruh bengkok ini beragam, namun pola makan yang di miliki hampir sama. Burung dari keluarga parrot ini harus mendapat perhatian dalam pemberian Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok, begitu juga dengan minumnya.

Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok

Ada beberapa makanan yang di butuhkan oleh burung paruh bengkok ini, salah satunya adalah air. Air termasuk dalam Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok yang paling penting, sebab sebagian besar burung berparuh bengkok mempunyai temperamen tinggi (mudah marah) saat menghadapi sesuatu yang kurang menyenangkan termasuk masalah air.

 

Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok

1. Air Bersih

Air bersih merupakan elemen paling penting untuk kehidupan makhluk hidup termasuk burung berparuh bengkok.Usahakan untuk selalu mengganti wadah air minum setiap hari. Boleh juga menggunakan wadah yang sama, tetapi mesti dibersihkan setiap kali mau mengganti air minum yang baru.

Burung paruh bengkok sangat senang mengacak-acak benda yang ada di dekatnya, tidak terkecuali air minum yang ada dalam wadah. Bahkan, beberapa burung parrot senang merendam biji-bijian atau sayuran yang ada di paruh ke dalam air hingga membuat air cepat sekali kotor.  Bukan hanya kotor, potensi bakteri masuk ke dalam air minum juga sangat besar hingga berbahaya bagi kesehatan burung.

Kebersihan wadah air juga sama pentingnya dengan kebersihan air itu sendiri. Walaupun kita secara rutin mengganti air minum ke dalam wadah, namun menjadi percuma bila wadah air tidak pernah diganti atau setidaknya dicuci.

Mencuci wadah air minum, sebaiknya diawali dengan air panas agar semua kotoran yang menempel di permukaan wadah terlepas. Lebih baik lagi bila memakai sabun tanpa deterjen. Sesudah itu, kembali dibilas dengan air panas dan jika memungkinkan dibilas menggunakan desinfektan (obat penyapu hama) serta biarkan wadah hingga kering. Untuk mempercepat proses pengeringan kita bisa menggunakan hairdryer atau dijemur dibawah sinar matahari.

Air minum yang diberikan bisa bersumber dari sumur ataupun PDAM, tetapi sebaiknya dimasak dulu untuk membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya. Lebih baik lagi jika menggunakan air galon yang banyak dijumpai di sekitar Anda.

2. Buah dan Sayuran Segar

Buah dan Sayuran Segar harus tersaji setiap hari, sebab ini adalah menu penting yang harus diberikan kepada burung parrot. Tidak ada bahan makanan yang bisa menjamin keseimbangan nutrisi seperti sayuran. Buah-buahan juga bagus, namun beberapa buah mempunyai kadar gula sangat tinggi dengan nilai gizi yang rendah hingga kita mesti selektif dalam memilih buah. Misalnya anggur. Buah ini sangat disukai burung berpruh bengkok, namun lebih sedikit nilai gizinya. Hingga anggur kurang bermanfaat dalam memelihara kesehatan parrot dibandingkan dengan buah-buahan yang lain.

Sayuran segar yang baik untuk parrot antara lain sayuran hijau (kacang hijau, brokoli, dll), sayuran dengan warna daun hijau gelap (lobak), dan sayuran berwarna oranye ( wortel, kentang, ubi jalar). sayuran segar ini perlu disediakan setiap hari. Buah dan Sayuran Segar bisa di berikan sebagai makanan tambahan atau makanan selingan. Misalnya jagung dan kacang polong. Namun karena kadar gulanya tinggi, pemberiannya tidak boleh terlalu sering.

3. Pellet Khusus Burung

Pelet khusus burung merupakan makanan buatan yang sengaja di buat untuk burung, sangat penting sebab dalam membuat pelet khusus burung sudah menghitung kebutuhan nutrisi akan burung tersebut. Mengingat tidak semua burung parrot mempunyai selera yang sama, maka pemberian pellet juga bisa dilakukan untuk memastikan kecukupan gizi. Jika burung parrot kita tidak menyukai sayuran, Anda bisa memberi pellet sebagai penggantinya. Beberapa burung parrot sangat menyukai pellet sebagai pengganti makanan segar.

Pellet khusus burung sebaiknya tidak berwarna, sebab pewarnaan biasanya mengandung bahan kimia atau gula. Walau burung paruh bengkok lebih menyukai makanan yang berwarna, kita bisa melatihnya untuk mengkonsumsi pellet yang berwarna natural (coklat muda hingga coklat tua).

4. Bubur Buatan

Bubur buatan khusus burung paruh bengkok bisa kita buat sendiri, bisa terdiri dari gandum, sayuran (dicincang), serta beras merah, jewawut, dan millet yang sudah dimasak. Selain bergizi, bubur khusus burung ini disukai semua burung paruh bengkok, apalagi disajikan dalam bentuk hangat.

Di mancanegara, bubur khusus burung paruh bengkk ini dijual dalam bentuk instan. Misalnya, bubur instan khusus parrot yang mengandung 16 jenis sayuran. Apakah di Indonesia sudah ada? Kalau belum ada, semoga kelak ada pengusaha yang memproduksinya. Hanya saja, makanan seperti ini tidak perlu diberikan setiap hari. Mungkin cukup dua kali dalam seminggu, untuk memberikan variasi makanan kepada burung parrot.

5. Campuran Biji-bijian

Biji-bijian sebetulnya tidak selalu menjadi makanan utama burung paruh bengkok. Sebagian besar burung berukuran besar hanya memakan biji-bijian sebagai makanan selingan. Bahkan bila burung parrot sudah lama tidak mengkonsumsi biji-bijian, sebaiknya jangan pernah diberikan. Sebagian besar burung kecilyang secara alami sering mengkonsumsi biji-bijian  sebaiknya tetap diberikan biji-bijian.

6. Snack Sehat

Snack untuk burung berparuh bengkok mungkin jarang dijumpai di Indonesia. Namun jika kita ingin mencoba membuatnya di rumah, bahan bakunya sama seperti membuat bubur khusus burung namun diproses memakai oven hingga berbentuk roti atau biskuit.

Pastikan kesehatan burung paruh bengkok dengan memastikan kecukupan vitamin dan mineral, begitu juga dengan kebersihan kandang dan peralatan. Semoga Makanan Yang Dibutuhkan Untuk Burung paruh Bengkok bisa membantu anda yang memiliki burung paruh bengkok seperti burung beo, burung nuri, burung parkit dan burung parrot lainnya.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel