Cara Merawat Burung Perkutut Agar Sering Berbunyi

Burung

User Rating: / 18
PoorBest 
Cara Merawat Burung Perkutut Agar Sering Berbunyi - 5.0 out of 5 based on 18 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Burung Perkutut Agar Sering Berbunyi

Cara merawat burung perkutut agar sering berbunyi tidak terlalu sukar. Pada umumnya burung perkutut yang sehat serta senang hatinya akan rajin berbunyi. Ditambah lagi jika burung perkutut tersebut sudah birahi, atau sudah senang dengan lawan jenis.


Semoga cara cara di atas dapat membantu anda Merawat Burung Perkutut Agar Sering Berbunyi, selamat mencoba.

 

 

Pastikan burung Perkutut Sehat


Menjaga kesehatan burung perkutut adalah hal utama, kita mesti mengetahui ciri-ciri burung perkutut sehat.

  • Burung perkutut yang sehat pada umumnya berbulu mulus, halus serta tidak mengorok.
  • Burung perkutut juga tidak kurus dan juga tidak terlampau gemuk. Burung perkutut yang terlampau gemuk condong malas berbunyi.
  • Burung perkutut yang sehat juga memiliki kotoran yang agak bulat dan solid. Biasanya berwarna agak kecoklatan dan agak padat setelah jadi kering. Burung yang mencret / berair mengisyaratkan kurang sehat, biasanya cacingan. Tapi ada juga di temukan burung perkutut yang sangat doyan minum hingga kotorannya berair seperti mencret. Kotoran yang berwarna hijau juga mengisyaratkan burung perkutut tersebut kurang sehat.

 

Jaga Kesenangan Hatinya Burung Perkutut


Setelah kita menjaga kesehatan burung perkutut, maka kita juga harus menjaga kesenangan hatinya. Burung perkutut yang hatinya senang selalu suka sekali berbunyi, kita juga mesti membuatnya nyaman di lingkungan kita. Ada beberapa cara untuk membuat burung perkutut nyaman dan selalu senang hatinya, diantaranya.

Beri burung perkutut pakan kesukaannya. Wajar jika banyak di temui burung perkutut suka sekali mengacak-acak pakannya hingga terkadang berantakan di lantai. Jika terlampau banyak yang di buang maka pakan tersebut tidak di sukai oleh burung perkutut tersebut. Cobalah berikan sebagian pakan di wadah yang terpisah. Perhatikan yang duluan habis, maka pakan tersebut yang lebih dia sukai.

Cara lain untuk membuatnya nyaman dan senang hatinya adalah menempatkannya dalam rumah / kandang di tempat gantungan kesukaannya. Coba satu lokasi, contohkan hari ini disisi kanan teras dan amati perilakunya. Jika burung perkutut kita terlihat tenang serta berbunyi maka gantungan tersebut merupakan lokasi favoritnya. Setelah menemukan lokasi kesukaannya, maka setiap hari mesti di gantunng ditempat tersebut hingga dia rajin berbunyi. Sesudah burung perkutut kita rajin bunyi baru cobalah pindahkan di lokasi yang lain agar memiliki kebiasaan bunyi di mana saja.

Jika burung perkutut kita nampak tidak tenang di gantung di mana saja terlebih jika ada orang melalui, maka kita mesti sering-sering memandikannya.

Jika cara cara membuat burung perkutut nyaman dan senang hatinya diatas sudah kita coba namun belum sukses, maka kita mesti membuatnya birahi. Cara gampang saja, jodohkan dengan betina atau di gabung dengan sebagian ekor betina sekalian di kandang umbaran atau di sesuatu sangkar berukuran besar.

Upayakan betina yang kita satukan dengan burung perkutut kesayangan kita berusia lebih muda serta burung perkutut kesayangan kita harus mesti masuk umbaran duluan 1 hari pada mulanya agar dia lantas yang berkuasa di kandang tersebut. Jika terjadi perkelahian, biarkan saja sepanjang burung perkutut kesayangan kita yang menang. Biarlah kejar-kejaran terlebih hingga bekur serta jodoh.

Semoga cara cara di atas dapat membantu anda Merawat Burung Perkutut Agar Sering Berbunyi, selamat mencoba.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel