Cara Merawat Burung Kenari

Burung

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Merawat Burung Kenari - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Burung Kenari

Cara Merawat Burung Kenari


Hewankesayangan.com - Burung kenari sangat lincah, dengan memiliki berbagai jenis yang beraneka warna yang indah. Temperamennya yang ceria dan senang ber "twiit" membuat kita tenang saat memandang kenari. Cara merawat burung kenari tidak begitu sulit, sama saja dengan cara merawat burung berkicau lainnya. Burung kenari tergolong mudah dalam perawatan. Namun sayangnya cukup sukar dalam berkembangbiakannya.

Berikut ini tips cara merawat burung kenari yang bisa diikuti, supaya kenari kita tetap sering ber 'twitt' dan sehat.

 

Tips Cara Merawat Burung Kenari


1. Latihan Suara Burung Kenari
Ketika ada waktu senggang, coba sandingkan burung kenari kita dengan burung kenari lainnya yang sudah pandai bersuara. Jika tidak memiliki burung kenari lain, cukup membeli rekamannya saja. Lakukan dipagi hari, sebab saat pagi hari burung biasanya lebih mudah bersuara.

Jangan mempertemukan burung kenari yang sedang disandingkan tersebut, ini bisa memberikan pengaruh pada burung kenari. Tutupi dengan kelambu atau panghalang lainnya, cukup dengan memperdengarkan suaranya saja. Jika sudah agak lama atau sekitar satu atau dua minggu disandingkan, selanjutnya janganlah terlalu sering disandingkan. Cukup 2-3 kali saja dalam 1 minggu.

2. Penjemuran Burung Kenari
Penjemuran burung kenari mutlak harus dilakukan setiap hari. Burung kenari harus dijemur dalam lama waktu yang cukup. Penjemuran pada waktu 06. 00-11. 00 WIB sudah amat cukup bagi burung kenari. Pastikan makanan dan air minum tersedi saat dilakukan penjemuran namun jangan terlampau banyak, sebab bisa memiliki pengaruh pada suaranya.

Lakukan penjemuran pada area yang luas ataupun kandang yang besar supaya canary bisa bebas bergerak. Setelah penjemuran selesai, hindarkan dari cahaya matahari langsung untuk proses pendinginan. Tunggu hingga situasi burung tersebut tidak "ngos-ngosan". Setelah itu, berikan makanan yang cukup dan bergizi, seperti apel merah, pisang, ataupun buah segar lainnya. Jangan memberikan makanan sambil tetap diberi minuman. Berikan minuman hanya jika burung kenari selesai makan, baru di beri minum dan upayakan air minum telah dimasak atau aqua.

3. Makanan tambahan dan vitamin burung kenari
Guna memancing suaranya agar bisa bertambah baik, berilah vitamin pada minuman yang ditempatkan. Vitamin untuk burung berkicau banyak dijual di pasaran, contohnya type Super Kicau atau Vitasol dan bisa juga produk produk vitamin Omkicau. Makanan hewani bisa diberikan agar kicau kenari lebih gancor.

Setelah memelihara burung kenari, rasanya kurang pas jika kenari yang kita pelihara tidak bisa memberikan keturunan. Apalagi jika jenis burung kenari yang kita pelihara termasuk jenis unggulan. Pencinta canari biasanya akan tertantang untuk menternakkan canary bird kesayangannya. Setelah kita mengetahui tips cara merawat burung kenari, kita akan membahas panduan cara berternak burung kenari pada artikel selanjutnya.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel