Cara Merawat Anis Merah Mandek

Burung

User Rating: / 1
PoorBest 
Cara Merawat Anis Merah Mandek - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Merawat Anis Merah Mandek

Anis Merah
Burung anis merah adalah salah satu burung berkicau yang paling sering dipelihara. Suaranya yang gancor bakal membuat hati pemiliknya sejuk. Burung anis merah juga menjadi simbol dan keberhasilan seorang pehobies atau breeder burung. Pamor pemilik akan naik bila memiliki dan berhasil membuat anis merahnya bersuara gancor. Harga burung anis merah juga cukup wah, berkisar Rp 850.000 hingga Rp 5 juta, atau bahkan lebih untuk kelas juara lomba.


Anis merah mempunyai sifat yang sangat halus, sensitif serta memerlukan waktu guna bisa beradaftasi pada perubahan disekitarnya. Perlakuan terhadap anis merah harus hati-hati, jangan sampai kasar. Perubahan lingkungan secara drastis, ornamen kandang hingga pakan bisa membuat anis merah stress.

 

Burung anis merah ini juga tipe burung pembosan. Bila sudah senang dengan lingkungannya dan tidak kita latih, maka banyak anis merah yang tadinya bersura gancor malah mandek dan malas berkicau. Tentu hal ini sangat dihindari oleh pemilik anis merah manapun, anis merah mandek bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Terdapat beberapa cara merawat anis merah mandek, berikut ini tips cara merawat anis merah mandek yang bisa pehobies ikuti.

Cara merawat anis merah mandek

  1. Anis merah mandek dimandikan 2 hingga 3 kali sehari supaya bisa ceria kembali.
  2. Bak air mandi khusus kita simpan ditempat sepi, sejuk dan sebisa mungkin dekat dengan sumber air.
  3. Ambil plastik ukuran 1 kg, isi penuh dengan air serta lubangi kecil hingga air mancur merintik.
  4. Simpan diatas bak mandi, biarkan anis merah menikmati. Berikan waktu anis merah mandi selama 1 jam. Di bak mandi, berikan cepuk dan 1-2 ekor jangkrik.
  5. Setelah selesai masukkan dalam sangkar, jemur namun jangan ditempat sinar matahari langsung. Berikan 2 ekor jangkrik atau cacing dan 2 sdm kroto.
  6. Sesudah bulu anis merah kering, gantung agak tinggi ditiang dan tidak perlu di kerodong.
  7. Usahakan disekitarnya terdapat burung-burung kecil supaya terpancing dan anis merah bunyi. Setelkan juga suara anis merah dengan volume asal terdengar oleh anis merah tersebut.
  8. Bila tidak memiliki burung yang lain, bisa numpang di rumah teman yang memiliki burung.
  9. Lakukan secara sabar


Itulah tips cara merawat anis merah mandek yang bisa kita ikuti. Bisa juga tempat gantungngannya sesekali dipindah untuk mencegah kebosanan pada anis merah.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel