Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina
Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina - Hewan Kesayangan. Mengetahui cara membedakan murai batu jantan dan betina cukup penting. Hal ini mengingat bahwa murai batu jantanlah yang banyak variasi kicauan dan indah tampilannya, sehingga akan berpengaruh pada harga jual murai batu tersebut. Hal ini juga berlaku pada burung kicauan jenis lain seperti kacer, cucak hijau, jalak suren, jalak nias, lovebird, plentet, murai batu, dan juga jenis burung lainnya, yang banyak variasi kicauannya merupakan burung jantan. Itulah sebabnya bagi yang akan membeli burung murai batu, di rekomendasikan untuk membeli murai batu jantan.

Untuk para hobies kicauan senior, cara membedakan murai batu jantan dan betina mungkin tidak mudah. Namun bagi hobies pemula, cara membedakan murai batu jantan dan betina sangatlah sulit mengingat ciri-ciri murai batu jantan dan betina tidak terlalu berbeda.


Berikut ini cara membedakan murai batu jantan dan betina yang bisa pehobies ikuti berdasarkan ciri-cirinya.

 

Cara Membedakan Murai Batu Jantan dan Betina

Ciri-ciri Murai Batu betina :

  1. Tubuhnya berukuran cukup kecil
  2. Mempunyai warna bulu yang sedikit pudar hampir keabu-abuan serta tidak setajam Murai batu jantan. Namun, ada beberapa kasus dimana Murai Batu betina mempunyai warna yang identik dengan jantan.
  3. Pada umur yang sama dan proses perawatan yang sama pula, namun panjang ekor Murai Batu betina lebih pendek dari pada jantan, panjangnya kurang lebih 10 s/d 15 cm, walaupun pada beberapa kasus ada yang lebih panjang.
  4. Suara yang dipunyai murai betina lebih kecil dan tipis dan tidak variatis dan kurang gacor.


Ciri-ciri Murai Batu jantan :

  1. Tubuhnya berukuran besar dan kekar
  2. Memiliki warna bulu yang kontras, yang hitam pekat pada bagian kepala dan punggung dan mempunyai dada yang berwarna kecoklatan atau merah tua.
  3. Panjang ekor murai batu jantan umumnya lebih dari 17 cm.
  4. Ketika berkicau, murai batu jantan memiliki variasi yang cukup banyak dan tidak monoton.  Disamping itu, volumenya sangatlah keras dan biasanya lebih gacor.


Murai batu yang dipakai saat kontes umumnya juga murai batu jantan, harga murai batu jantan "jadi" umumnya sangat berbeda jauh dengan bakalan murai batu. Semoga cara membedakan murai batu jantan dan betina ini bisa bermanfaat, lihat juga makanan tambahan murai batu.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel