Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

cara membedakan anis merah jantan dan betina
Hewankesayangan.com – Burung Anis Merah merupakan burung berkicau yang cukup sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina. Burung anis merah termasuk burung monomorfik, atau perbedaan antara jantan dan betina mempunyai ciri-ciri fisik yang hampir sama. Bahkan bagi seorang master burung juga sulit menentukan jenis kelamin anis merah. Walau begitu, ada beberapa cara membedakan anis merah jantan dan betina dengan memperhatikan ciri berikut :

 

 

Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina


  1. Bentuk kepala pada anis merah jantan lonjong.
  2. Bentuk paruh anis merah jantan lebih tebal, besar serta panjang. Umumnya memiliki power suara yang kuat.
  3. Bentuk paruh bila dilihat dari arah atas akan terlihat lancip keatas (layaknya bentuk buah belimbing).
  4. Sobekan paruh anis merah jantan lebih dekat dengan mata.
  5. Bentuk pada lubang hidung memanjang serta lebar.
  6. Bentuk leher pada anis merah jantan panjang.
  7. Sayap anis merah jantan mengepit rapat (singset).
  8. Jari-jari anis merah jantan panjang.
  9. Ekor anis merah jantan berbentuk huruf M.

Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina

Kita bisa juga mengetahui anis merah jantan dan anis merah betina dengan memperhatikan tanda-tanda berikut :

  1. Membedakan jenis kelamin anis merah dengan cara meraba kloaka burung guna mengetahui kerapatan tulang supitnya. Bila kloaka rapat dan terasa runcing, maka burung anis merah itu adalah jantan. Bila agak lebar serta lembek, maka anis merah tersebut betina.
  2. Anis merah jantan umumnya mempunyai warna merah yang lebih terang serta tajam dibandingkan dengan anis merah betina. Demikian juga dengan warna hitamnya yang lebih legam pada anis jantan.
  3. Cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina lainnya yaitu adalah dengan menyemprotkan air pada bulu-bulu yang berwarna putih pada bagian bawah ekor dekat dubur hingga basah, bila keluar warna kekuning-kuningan pada bulu putih atau dapat pula berubah warna jadi semu kuning pada bagian dekat dubur. Maka burung tersebut adalah jantan dan bila warna bulu tersebut tetap putih maka burung tersebut anis betina.
  4. Kita bisa juga memperhatikan perilaku burung guna membedakan jenis kelaminnya. Anis merah jantan akan terlihat sering mengangkat kepala bila bertemu anis merah lain. Sedangkan pada burung anis merah betina tidak memiliki perilaku seperti itu. Bila burung anis merah betina sedang dalam masa birahi, maka bila bertemu dengan anis merah jantan yang sedang bernyanyi atau teler, betina akan menggerakkan sayap serta berbunyi cirr.


Burung Anis Merah termasuk burung berkicau yang banyak dipelihara oleh para penggemar burung berkicau di Indonesia. Anis merah merupakan burung yang berkarakter manja, diperlukan sentuhan khusus dalam merawat anis merah. Semoga para hobies yang memelihara anis merah bisa terbantu dengan adanya artikel Cara membedakan Anis Merah Jantan Dan Betina ini.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel