Burung Kenari

Burung

User Rating: / 2
PoorBest 
Burung Kenari - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Burung Kenari

burung kenari serinus canaria

Burung kenari berasal dari kepulauan Canary, ditemukan pertama kali oleh seorang pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout pada abad ke-15 silam. Pelaut Perancis ini terpikat dengan keindahan bulu dan merdunya suara burung kenari. Nama latin dari burung kenari adalah Serinus Canaria, dikenal juga dengan nama Canary sesuai asalnya.


Dalam perkembangannya, burung kenari sangat beraneka ragam. Keanekaragaman ini berasal dari perkembangan dari kenari liar, selain juga hasil dari kondisi alam dan kawin silang yang sering terjadi dan menghasilkan berbagai jenis burung kenari.

Nama burung kenari ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan buah kenari. Nama ini diambil dari nama pulau Canary yang merupakan habitat asli burung hias ini. Canary island sendiri berasal dari nama latin Canarias yang berarti pulau anjing, sebab pada jaman dahulunya di pulau tersebut banyak hidup anjing liar.

 

Jenis-jenis Burung Kenari


Keanekaragaman jenis burung kenari sudah sangat terkenal, namun hanya sedikit yang dikenal dan populer dikalangan hobies burung kenari. Berikut adalah jenis jenis burung kenari yang sangat beraneka ragam.

  1. Kenari Border
  2. Kenari Gloster
  3. Kenari Norwich
  4. Kenari Cinnamon
  5. Kenari Yorkshire
  6. Kenari Lancashire
  7. Kenari Waterslager
  8. Kenari Fife Fancy
  9. Kenari Scotch Fancy
  10. Kenari Roller
  11. Kenari Crest
  12. Kenari Frill
  13. Color breed Canary
  14. Kenari Belgian Fancy
  15. Kenari Lizard
  16. Kenari American Singer
  17. Kenari Spanish Timbrado


Burung Kenari termasuk anggota dari kelompok gelatik yang sangat ceria bernyanyi. Dalam habitat aslinya, burung kenari memakanan biji-bijian dan buah-buahan serta serangga kecil yang banyak terdapat dialam liar. Sarang aslinya dibuat dari serat kayu dan dedaunan.

Pulau kedua habitat kenari adalah Pulau Elba di Itali, dimana burung kenarinya berasal dari burung kenari yang dibawa oleh kapal Spanyol yang kandas didekat pulau Elba dan berkembangbiak disana. Selain Spanyol, bangsa Italia dan Jerman juga turut menernakaan dan memperdagangkan kenari keseluruh Eropa. Dari sinilah berawal beberapa nama jenis burung kenari diatas seperti kenari Rusia, kenari Belgia, Kenari Yorkshire, kenari Norwich, kenari Roller hingga kenari Gloster.

Di Indonesia sendiri burung kenari tersebar dari daerah Jawa, Sumatera hingga Kalimantan. Jenis kenari yang sering ditemui di Indonesia adalah Kenari Fusan atau Kenari Taiwan Yorkshire serta beberapa persilangannya. Bangsa Eropa membawa kenari keseluruh dunia, hingga sampai ke Indonesia.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel