Home Ayam Pakan Tambahan Untuk Ayam Serama

Pakan Tambahan Untuk Ayam Serama

User Rating: / 15
PoorBest 
Pakan Tambahan Untuk ayam Serama - 4.5 out of 5 based on 15 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ayam
Written by Diandra Azahra   

Pakan Tambahan Untuk Ayam Serama

Pakan Tambahan Untuk Ayam Serama
Ayam serama merupakan ayam hias asal malaysia, ayam serama termasuk ayam mini dengan ukurannya yang kecil. Sangat mirip dengan ayam kate, pemberian pakan yang cukup merupakan kunci supaya ayam serama tumbuh dengan baik. ayam serama tidak  rewel dalam soal pakan, apasaja yang ditemui dan kita berikan seperti dedak, serangga hingga biji-bijian akan disantap oleh ayam serama. Inilah yang menyebabkan menu pakan bagi ayam serama berbeda beda tergantung dari para pehobies.


Dalam memberikan pakan, pakan dan minum sebaiknya ditaruh dalam wadah yang dikaitkan pada kawat dengan ketinggian 5cm hingga 15 cm dari lantai kandang. Tujuannya supaya tidak terinjak ayam dan pakan serta minuman tumpah. Untuk pakan utama bisa di pilih pakan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti pur ayam, jagung dll. Berikan pula pakan tambahan sebagai variasi dan penambah nutrisi bagi ayam serama tersebut. Dengan memberikan pakan yang sesuai dan bisa dicerna dengan baik, ayam serama akan dapat terjaga kondisi badan dan staminanya seperti yang kita inginkan.   

 

Pakan Tambahan Untuk Ayam Serama

Pepaya bisa dijadikan salah satu pakan tambahan untuk ayam serama, pepaya berperan dalam melancarkan pencernaan. Ayam serama memiliki usus yang pendek yang membuat ayam serama rentan sembelit bila makanan banyak menumpuk disaluran pencernaan. Oleh sebab itu dibutuhkan pakan tambahan guna melancarkan pencernaannya. Pepaya juga kaya akan Vitamin C yang berperan meningkatkan kekebalan tubuh ayam. Pepaya sebaiknya dipotong-potong berbentuk dadu terlebih dahulu sebelum diberikan, tempatkan potongan pepaya dalam tempat terpisah dengan pakan utama. Pepaya bisa di berikan 2 kali sehari, yaitu setelah pemberian pakan utama.

Selain pepaya, daun bambu juga bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk ayam serama. Daun bambu dipercaya dapat memperkuat kekebalan tubuh ayam serama hingga lebih tahan terhadap berbagai penyakit. Dalam pengobatan Cina, daun bambu termasuk dalam tanaman obat penambah kekebalan tubuh. Namun daun bambu tidak perlu terlalu banyak di berikan, yang terbaik adalah membiarkan ayam serama bermain disekitar pohon bambu dan mematuki sendiri daunnya.

Selain pakan tambahan untuk ayam serama, banyak pehobies yang juga memberikan suplemen tambahan.  Vitamin-vitamin untuk ayam bisa diperoleh di toko-toko penyedia sarana produksi peternakan atau di pet shop. Vitamin bisa diberikan bersamaan dengan pakan dan minum ataupun terpisah. Minyak ikan adalah salah satu suplemen yang kerap diberikan para pehobies ayam serama. Minyak ikan ini dipercaya bisa mengkilapkan bulu sebab mengandung vitamin E yang tinggi dan bisa merangsang nafsu makan. Minyak ikan berupa kapsul diberikan 2 kali seminggu. Kapsul disuapkan langsung ke mulut ayam serama.

Semoga artikel pakan tambahan untuk ayam serama ini bisa membantu kita semua dalam merawat ayam serama. Salam sayang Hewan Kesayangan.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel
 
Joomla templates by a4joomla