Cara Memberi obat Ayam Hias

Ayam

User Rating: / 0
PoorBest 

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Memberi obat Ayam Hias

Cara Memberi obat Ayam Hias
Jika ayam hias kesayangan yang kita miliki mendadak sakit dan tidak mau makan, tentu kita juga  akan ikut terbawa sedih.  Sedih sekali rasanya saat kita melihat ayam bekisar, ayam hutan, ayam kapas atau ayam hias kesayangan kita saat sakit dan tidak mau makan dan juga bahkan terkadang disertai batuk dan mengeluarkan suara nglokor.


Jika kita biarkan begitu saja, maka besar kemungkinan  ayam hias kita akan berujung pada kematian. Sedangkan bila ayam hias kita sakit, saat memberi obatnya cukup sulit sebab ayam kesayangan kita tidak mau makan dan juga tidak mau minum. Berikut ini saya berikan tips cara memberi obat ayam hias yang bisa kita lakukan sendiri saat ayam hias kita sakit.

 

Cara Memberi obat Ayam Hias


1. Yang paling sederhana tentu saja dengan memberikan obat cair didalam minumnya. Tapi ini harus kita tinjau secara terus-menerus sebab bila tidak habis berhari-hari justru obat tersebut dapat menjadi penyebab masalah baru seperti keracunan.

2. Dengan mencampurkan obat kedalam pakan ayam, namun cara ini juga kurang efektif karena ayam yang sakit umumnya akan kehilangan nafsu makan.  Meskipun begitu dalam tahap awal sebaiknya kita coba, siapa tahu ayam kita mau makan dan sembuh. Namun tetap harus kita pantau, dan jika tidak dimakan dalam beberapa lama, sebaiknya pakan yang dicampur obat segera di buang.

3. Campurkan obat pada makanan kesukaannya, misalnya pada kroto. Ayam hias umumnya sangat menyukai kroto, cara ketiga ini biasanya lebih efektif.  Sebaiknya dalam campuran kroto diberi air sedikit saja, obat yang di pakai sebaiknya dalam betuk bubuk. Bubuk obat kita campur pada kroto, kemudian kita sajikan ke ayam hias.

4. Menggunakan pipet tetes ataupun suntikan tanpa jarum yang bisa langsung kita teteskan ke mulut ayam hias kita. Ini lebih efektif sebab obat dapat langsung masuk ke tubuh ayam. Obat ataupun vitamin yang di berikan mesti dalam keadaan cair, jika obat bubu larutkan dahulu dengan sedikit air.

5. Menggunakan suntikan langsung ke pembuluh darah, namun ini adalah cara terakhir dan juga hanya jika ayam hias kita mengalami sakit yang cukup parah. Sebaiknya cara ini hanya di lakukan oleh para ahli atau dokter hewan, sebab jika terjadi kesalahan dalam menyuntik dapat berakibat fatal pada ayam peliharaan kita.

Inilah tips cara memberi obat ayam hias. Memiliki ayam hias apapun jenisnya, baik itu ayam bekisar, ayam kate, ayam kapas, ayam pelung, ayam hutan atau apapun itu akan membuat kita lebih tenang. Semoga ini bisa bermanfaat bagi para pecinta ayam hias.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel