Ayam Hutan Kelabu

Ayam

User Rating: / 1
PoorBest 
Ayam Hutan Kelabu - 5.0 out of 5 based on 1 vote

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Ayam Hutan Kelabu

Ayam Hutan Kelabu
Ayam hutan kelabu atau yang memiliki nama latin Gallus sonneratii ini merupakan salah satu dari empat spesies ayam hutan. Ayam hutan kelabu ini berukuran sedang, dengan panjang sekitar 80 centimeter. Ayam hutan kelabu berasal dari suku Phasianidae. Ayam betina Ayam hutan kelabu berukuran lebih kecil dibandingkan ayam jantan, dengan panjang sekitar 38 centimeter.


Ayam hutan kelabu jantan mempunyai bulu-bulu leher, tengkuk serta mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, terdapat bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina tidak mempunyai taji di kakinya, bulu-bulu yang dimiliki juga pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu layaknya sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh.

Ayam hutan kelabu tersebar dan menjadi endemik di hutan tropis bercuaca kering di India bagian tengah, barat dan selatan.  Ayam hutan kelabu betina umumnya menetaskan antara tiga hingga lima butir telur berwarna putih atau putih kemerahan yang dierami oleh induk betina selama kurang lebih tiga minggu.

Ayam hutan kelabu memiliki kebiasaan hampir serupa dengan Ayam hutan merah, yang juga bisa ditemui dan berhibridasi di India. Ayam hutan kelabu ini biasa hidup berkelompok dan bersarang di atas pohon. Di pagi dan sore hari, mereka akan keluar mencari makanan di atas permukaan tanah. Pakan ayam hutan kelabu terdiri dari aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, serangga serta berbagai jenis hewan kecil yang bisa mereka temui.

Nama ilmiah spesies ini di peroleh guna memperingati seorang penjelajah berkebangsaan Perancis bernama Pierre Sonnerat. Ayam hutan kelabu jantan banyak menjadi incaran para penghobies ayam hias karena keindahannya, sedangkan ayam hutan kelabu betina hanya di gunakan untuk pembiakan saja.

 


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel