Dalmatian

anjing

User Rating: / 2
PoorBest 
Dalmatian - 5.0 out of 5 based on 2 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Dalmatian

Dalmatian

The Dalmatian (Kroasia: Dalmatinac, Dalmatiner) merupakan jenis anjing yang berasal dan dari Dalmatia, sebuah wilayah Kroasia di mana ilustrasi pertama anjing Dalmatian ditemukan. Dalmatian terkenal karena kulitnya yang unik hitam atau bintik coklat dan terutama digunakan sebagai anjing kereta di jaman dahulu. Hari ini, anjing Dalmatian tetap menjadi hewan kesayangan keluarga yang sangat dicintai, dan banyak para penggemar anjing sebagai hewan peliharaan mereka yang masuk ke dalam kompetisi klub kennel.

 

Anatomi Dalmatian

Tubuh

 

Dalmatian termasuk dalam ukuran anjing menengah, yang jelas anjing dalmatian memiliki otot dengan daya tahan yang sangat baik dan stamina yang bagus. Saat dewasa penuh, berat biasanya berkisar antara 35 hingga 70 pon atau 16 hingga 32 kg dan ukuran dalam keadaan berdiri mulai dari 19 inci hingga 24 inci (48-61 cm) tinggi, ukuran tubuh jantan biasanya sedikit lebih besar dari betina. Ukuran tubuh ini merupakan ukuran panjang dari dada depan ke bokong karena tinggi pada withers, dan bahu yang landai. Kaki anjing Dalmatian berbentuk bulat dengan jari-jari kaki melengkung, dan biasanya memiliki kuku putih atau warna yang sama seperti tempat anjing itu berasal. Mempunyai telinga tipis dan lancip ke ujung dan terletak cukup tinggi di dekat kepala. Warna mata bervariasi antara coklat, kuning, atau biru, dan pada beberapa anjing Dalmatian mempunyai satu mata biru dan satu mata cokelat, atau kombinasi warna lainnya.

Bayi Dalmatian

Mantel atau Kulit

Anak anjing Dalmatian dilahirkan dengan kulit putih polos, dan "spots" atau 'titik hitam' pertama pada anak dalmatian biasanya muncul dalam waktu tiga minggu sesudah kelahiran. Setelah sekitar satu bulan, Anak anjing Dalmatian telah memiliki sebagian besar Spots pada mereka, Spots akan terus tumbuh sepanjang hidup dengan tingkat yang jauh lebih lambat. Spots biasanya berkisar antara 30 hingga 60 mm, dan paling sering hitam atau coklat (liver) pada latar belakang putih. Warna Spots yang lebih langka lainnya termasuk biru (warna biru-keabu-abuan), belang-belang, mosaik, triwarna (tan dengan bercak pada alis, pipi, kaki, dan dada), dan jeruk atau lemon (gelap kuning pucat). Spots warna biasanya muncul di manapun pada tubuh, terutama pada kepala atau telinga, dan biasanya terdiri dari warna solid.

Kulit Dalmatian biasanya pendek, baik, dan padat, meskipun halus berlapis kulit, bulu Dalmatian kadang-kadang panjang dan sering berguguran. Bulu mereka berguguran cukup banyak sepanjang tahun. Perawatan mingguan dengan mitt hound atau kari bisa mengurangi jumlah bulu Dalmatians yang digugurkan, walaupun tidak benar benar dapat mencegah bergugurannya bulu. Karena jumlah minyak di kulit Dalmatian sedikit, Dalmatian tidak dikatagorikan "anjing" bau dan tetap cukup bersih.

 

Penggunaan Dalmatian

Anjing Dalmatian sering digunakan sebagai anjing penyelamatan, teman berlari, dan paling sering menjadi anggota keluarga yang aktif. Dalmatian adalah jenis anjing dengan pemeliharaan sangat aktif tinggi. Pemilik hewan peliharaan mesti bersedia untuk meluangkan waktu ekstra dan usaha dalam mengurus anjing ini. Dalmatian biasanya mempunyai nafsu makan yang besar dan akan makan apa pun yang diletakkan di hadapan mereka, pemilik hewan peliharaan harus hati hati mengontrol asupan makanan. Dalmatian berkembang biak dengan cepat dan sangat mudah dilatih dan tidak agresif, pemilik dalmatian harus mengajak dan melatih anjing mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan seperti jogging, kelincahan menunggang kuda, flyball, dan trik anjing lainnya. Dalmatian butuh banyak latihan, jika tidak mereka dapat menimbulkan kecemasan atau stress, tetapi jika diberi banyak ruang untuk beraktifitas dan bermain-main 30 sampai 40 menit setiap hari, ini sudah cukup.

Dalmatian dapat mempunyai anak antara 9 hingga 13 anak anjing, tetapi mereka juga dikenal memiliki keluarga besar pada beberapa kesempatan, seperti seekor induk anjing besar melahirkan hingga delapan belas anak yang lahir pada bulan Januari 2009 dan semuanya sehat.

 

Refferensi

Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel