Cara Melatih Hubungan Dengan Anjing Kesayangan

anjing

User Rating: / 4
PoorBest 
Cara Melatih Hubungan Dengan Anjing Kesayangan - 4.8 out of 5 based on 4 votes

Pastikan anda Like Hewan Kesayangan di Facebook untuk mendapat update cara merawat Hewan Kesayangan anda. Silahkan Login untuk merating artikel.

Cara Melatih Hubungan Dengan Anjing Kesayangan

Anjing lucu

Saat kita memiliki seekor anjing lucu, tentulah ada kesenangan tersendiri yang kita miliki. Semua anggota keluarga akan merasa senang, namun ada kalanya anjing yang kita miliki tidak menurut apa keinginan kita. Anjing kesayangan kita terkadang bandel, tidak patuh atau terkadang merusak perabotan seperti sopa dan lainnya. Anjing juga seperti manusia, mempunyai bermacam karakter yang berbeda beda. Untuk itu anda harus melatih anjing anda agar menurut dan jinak pada anda dan keluarga.

 

Berikut beberapa cara melatih hubungan dengan anjing kesayangan anda.

 

1. Pada anjing yang masih berumur 4 hingga 7 bulan, kadang masih mempunyai sifat-sifat bandel. Misalkan saja, suka merusak sofa, sering menjatuhkan benda-benda di rumah, suka mengambil makanan di meja makan dan lainnya. Bila hal itu terjadi, kita siapkan kertas koran yang digulung sebagai alat pemukul pada anjing. Saat anjing melakukan kesalahan, anda boleh memukulnya dengan kertas koran tersebut. Anjing akan menyadari apa yang salah dan tidak boleh di lakukan dan juga tidak merasa disakiti.

 

2. Bangunlah hubungan yang baik dengan anjing anda, ambillah hatinya. Teruslah berusaha untuk berkomunikasi,anjing akan berbicara pada kita melalui bahasa tubuh,energi, raut wajah, pergerakan kuping dan ekor, suara hingga postur tubuh. Pergunakan intonasi yang rendah jika anda tidak senang dengan apa yang telah anjing  anda lakukan. Pergunakan intonasi yang lembut serta lebih tinggi bila Anda senang akan apa yang telah anjing  anda lakukan, lakukan hal ini dengan tegas, baik isyarat tangan maupun perintah.

 

3. Periksa kondisi fisik dan mood anjing kesayangan anda sebelum anda melatihnya. Jangan paksakan anjing anda untuk berlatih bila kondisinya belum siap atau dalam kondisi kurang sehat. Bila tetap anda paksakan, anijing kesayangan anda dapat membuat banyak kekeliruan. Saat anda menghukumnya, mental anjing kesayangan anda akan 'jatuh'dan butuh waktu yang sangat lama untuk membuat anjing kesayangan anda bersemangat kembali.

 

4. Kenali anjing kesayangan anda, setiap anjing mempunyai kemampuan berbeda beda. Berilah latihan yang sudah dikuasainya, setelah itu baru latihan yang belum di kuasai.

 

5. Konsisten melatih anjing dalam melatih anjing anda. Bila anda tidak menyukai apa yang anjing anda lakukan, seperti naik ke atas meja. Jangan biarkan anjing kesayangan anda naik ke atas meja walau hanya sekali. Bila kadang boleh dan kadang tidak boleh, anjing kesayangan anda akan bingung. Anjing dapat mengerti apa yang kita inginkan hanya dengan "ÿa" atau "tidak". Jangan kadang "ya" kadang "tidak".

 

6. Buat latihan yang anda lakukan dengan hewan kesayangan anda menjadi menyenangkan

7. Latihlah anjing kesayangan anda sambil bermain, lakukan 10 menit latihan kemudian di selingi istirahat 1-2 menit. teruskan kembali setiap 10 menit. Ulangi terlebih dahulu latihan latihan yang telah di kuasai, selingi dengan permainan melempar bola.

 

8. Jangan main fisik atau asal memukul anjing saat latihan. Lakukan "Positive Reinforcement". Bila anjing anda pintar berilah latihan kesukaannya, bila anjing kesayangan anda tidak mau melakukan apa yang anda ajarkan. Hukumlah dengantida memberikan latihan tersebut, jangan menghukum dengan memukul anjing anda. Berikan juga hadiah bila anjing anda dapat melakukan latihan dengan baik, hadiah bisa berupa pujian, elusan maupun latihan kesayangannya. Anjing sangat menyukai perhatian, perhatian yang tulus juga merupakan hadiah yang sangat baik bagi mereka.

 

9. Ucapkan perintah sekali saja. Saat memberi perintah jangan di ulang ulang dalam waktu hampir bersamaan, bila belum di lakukan. Tunggulah sekitar 1 menit untuk mengulang perintah tersebut. Jangan pula memberikan 2 perintah sekaligus, hal ini akan membuat anjing anda bingung. Tunggulah anjing anda melakukan perintah pertama terlebih dahulu, baru kemudian berikan perintah selanjutnya.

 

10. Anjing memiliki perasaan yang sangat kuat. Bila anda bersikap dengan tenang, maka anjing anda juga akan meniru sikap tenang anda. Bila anda sedang gelisah, maka anjing anda akan juga meraakan kegelisahan anda.

 

11. Kesabaran adalah kunci utama bagi keberhasilan dalam melatih anjing lucu anda.


Silahkan di share atau like ke social media di bawah ini supaya lebih banyak lagi yang mendapat manfaat. Copy artikel harus memberikan live link ke sumber artikel